PRA-RANCANGAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH TAHU STUDI KASUS PABRIK TAHU DESA TEMPEL SARI, KECAMATAN KALIKAJAR, KABUPATEN WONOSOBO

Purnama -, Aswati Mindaryani, Teguh Pudji Purwanto

Abstract


Pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah  cair industri tahu di sentra industri tahu Desa Tempelsari, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo sudah melebihi kadar maksimum yang diperbolehkan   oleh Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah Nomor 10 Tahun 2004 tentang Baku Mutu Air Limbah, yaitu pH         6,0 sampai dengan 9,0;  BOD 150 mg/l; COD 275 mg/l dan TSS 100 mg/l. Data pengujian limbah cair tahu yang dilakukan di BBTKLPPM Yogyakarta  dengan sampel limbah cair tahu dari Pabrik Tahu “Sari Barokah”  adalah pH 6,7 , BOD 1250,1 mg/l, COD 3440 mg/l, TSS 383 mg/l.  Dalam rangka  menanggulangi masalah di atas, maka diperlukan Instalasi Pengolahan Air Limbah, untuk itu akan dilakukan pra rancangannya. Dengan melihat karakteristik air limbah tersebut di atas  serta melihat kondisi geografis daerah Wonosobo maka dipilih pengolahan dengan reaktor UASB (Upflow Anaerob Sludge Blanket).

Metoda pelaksanaan Pra-Rancangan  IPAL  dari Pabrik Tahu “ Sari Barokah” ini  dimulai dengan mengetahui karakteristik limbahnya,  menghitung debit air limbah yang dihasilkan, menentukan  desain unit-unit pengolah limbahnya , menghitung  dimensi unit pengolah limbah serta menghitung anggaran biaya pembuatan  IPAL.

Perhitungan  neraca massa  dari unit-unit pengolah limbah yang terdiri dari Bak Saringan Kasar, Bak Grit Chamber, Bak Ekualisasi, Reaktor UASB dan Septic Tank  diperoleh Enfluent Limbah dengan kadar BOD 129,4 mg/l , COD 240 mg/l dan TSS 36 mg/l , sehingga telah memenuhi baku mutu limbah cair tahu. Dengan dimensi unit-unit pengolah limbahnya sebagai berikut : Bak saringan kasar panjang 0,6 m, lebar 0,6 m kedalaman 0,6 m. Bak grit chamber, panjang 0,9 m, lebar 0,0,45 m, lebar dasar 0,15m, kedalaman 0,63 m. Bak ekualisasi, panjang 3,8 m, lebar 1,8 m dan kedalaman 2,7 m. Reaktor UASB, tinggi 4,5 m,  diameter 1,78 m, luas penampang 2,4 m2, luas separator gas 0,6 m2. Bak Septic Tank, panjang 4 m, lebar 2 m dan kedalaman 1,4 m. Pembuatan IPAL ini membutuhkan biaya sebesar Rp.17.568.360,00.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.