Perkiraan Rentang Hidup dan Pola Osilasi Populasi Cypraea moneta L, 1758 DI Pantai Sepanjang Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/jfs.10350

Felicia Zahida(1*), Wibowo N. Jati(2)

(1) Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
(2) Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Baru-baru ini telah dilakukan berbagai penelitian siput laut secara intensif di pantai selatan Yogyakarta. Fakta menunjukkan pemanenan Gastropoda oleh penduduk setempat tinggi di Pantai Krakal. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk memperkirakan rentang hidup dan pola osilasi berbagai populasi Gastropoda, khususnya Cypraea moneta L., 1758. Pola osilasi dan rentang hidup menunjukkan status kerentanannya, dengan mempelajari kharakter ini selanjutnya dapat dilakukan upaya pengelolaan yang berkesinambungan. Penelitian dilakukan dengan melakukan sampling di Pantai Sepanjang, di sekitar bulan purnama selama satu tahun. Siput diukur panjang cangkangnya (mm), guna mendapatkan datafrekuensi panjang cangkang per bulan. Selanjutnya dilakukan analisis Elefan untuk mendapatkan nilai konstanta pertumbuhan dan kurva pertumbuhan von Bertallanffy menunjukkan rentang umur populasi.Hasil penelitian menunjukkan pola osilasi yang tidak konstan, baik yang didapatkan di Pantai Krakal maupun Pantai Sepanjang. Konstanta pertumbuhan K juga menunjukkan perbedaan antara populasi yang didapatkan di Pantai Krakal dan Pantai Sepanjang yang bersebelahan lokasinya di pantai selatan Yogyakarta.Baru-baru ini telah dilakukan berbagai penelitian siput laut secara intensif di pantai selatan Yogyakarta.Fakta menunjukkan pemanenan Gastropoda oleh penduduk setempat tinggi di Pantai Krakal. Oleh sebabitu perlu dilakukan penelitian untuk memperkirakan rentang hidup dan pola osilasi berbagai populasiGastropoda, khususnya Cypraea moneta L., 1758. Pola osilasi dan rentang hidup menunjukkan statuskerentanannya, dengan mempelajari kharakter ini selanjutnya dapat dilakukan upaya pengelolaan yangberkesinambungan. Penelitian dilakukan dengan melakukan sampling di Pantai Sepanjang, disekitarbulan purnama selama satu tahun. Siput diukur panjang cangkangnya (mm), guna mendapatkan datafrekuensi panjang cangkang per bulan. Selanjutnya dilakukan analisis Elefan untuk mendapatkan nilaikonstanta pertumbuhan dan kurva pertumbuhan von Bertallanffy menunjukkan rentang umur populasi.Hasil penelitian menunjukkan pola osilasi yang tidak konstan, baik yang didapatkan di Pantai Krakalmaupun Pantai Sepanjang. Konstanta pertumbuhan K juga menunjukkan perbedaan antara populasiyang didapatkan di Pantai Krakal dan Pantai Sepanjang yang bersebelahan lokasinya di pantai selatanYogyakarta.

Keywords


Cypraea moneta, Pantai Sepanjang, pola osilasi populasi, rentang hidup

Full Text:

PDF


References

Avaca, Maria Soledad, Maite Narvarte, & Pablo Martin. 2013. Age, growth and mortality in Buccinanops globulosus (Gastropoda: Nassariidae) from Golfo Nuevo (Argentina). Marine Biology Research. 9 (2):208-219. Datkauskiene, Ingrida. 2005. Characteristic of lifespan and reproduction period of Succina putris (L.) (Gastropoda: Styllomatophora). Ekologija. 3: 28-33. Gimenez, J., T. Brey., A. Mackensen. & P.E. Penchaszadeh. 2004. Age, growth, and mortality of the prosobranch Zidona dufresnei (Donovan, 1823) in the Mar del Plata area, south-western Atlantic Ocean. Marine Biology. 145(4):707-712. Sparre, P., & S.C. Venema. 1998. Introduction to Tropical Fish Stock Assessment Part I: Manual. FAO. Rome. Vasconcelos, Paulo., Miguel B. Gaspar. Alexandre M. Pereira & Margarida Castro. 2006. Growth rate estimation of Hexaplex (Trunculariopsis) trunculus (Gastropoda: Muricidae) based on mark/Recapture Experiments in the Ria Formosa Lagoon (Algarve coast, Southern Portugal). J. of Shellfish Research. 25(1):249-256. Zahida, F. 2012a. Kurva pertumbuhan von Bertallanffy Cypraea moneta L. 1758 dari Pantai Krakal Daerah Istimewa Yogyakarta. Zahida, F. 2012b. Kelimpahan absolut 10 jenis Gastropoda tahun 2006-2008 di Pantai Krakal Yogyakarta. Seminar Nasional Moluska ke-3. Makasar. Zahida, F. 2012c. Dinamika populasi Rhinoclavis sinensis Gmelin 1791 (Gastropoda: Cerithiidae) di Pantai Krakal Yogyakarta. Disertasi. Paska Sarjana Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Zahida, F. 2013. Perkiraan rentang hidup dan pola osilasi populasi Cypraea annulus Linnaeus, 1758 dari Pantai Sepanjang Yogyakarta. Fakultas Teknobiologi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jfs.10350

Article Metrics

Abstract views : 3621 | views : 3542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Journal of Fisheries Sciences



Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada (print ISSN 0853-6384; online ISSN 2502-5066) is published by Department of Fisheries, Universitas Gadjah Mada in collaboration with Semnaskan UGM (Seminar Nasional Tahunan Hasil Perikanan dan Kelautan) and ISMFR (International Symposium on Marine and Fisheries Research).

 

View My Stats