Analisis Produksi Budidaya Ikan Lele (Clarias gariepinus) di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman DIY: Pendekatan Fungsi Produksi Cobb Douglas

https://doi.org/10.22146/jfs.10361

Dian K. Dewi(1*), Jangkung H. Mulyo(2)

(1) Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa produksi budidaya ikan lele dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Kalasan Sleman. Metoda dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Responden dalam penelitian ini adalah semua pembudidaya ikan lele yang berada di Kalasan Sleman berjumlah 56 orang. Metode analitis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata produktivitas budidaya ikan lele di Kalasan adalah 9,53 kg/m2. Dosis pemberian pakan, jumlah pupuk yang digunakan dan pengalaman buidaya berpengaruh signifi kan dalam meningkatkan produksi budidaya ikan lele. Padat tebar benih, jumlah tenaga kerja, pakan tambahan dan keanggotaan dalam kelompok pembudidaya ikan tidak berpengaruh signifi kan terhadap produksi budidaya ikan lele.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa produksi budidaya ikan lele dan faktor-faktor yangmempengaruhinya di Kalasan Sleman. Metoda dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifanalitis. Responden dalam penelitian ini adalah semua pembudidaya ikan lele yang berada di KalasanSleman berjumlah 56 orang. Metode analitis yang digunakan adalah metode regresi linier bergandamenggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata produktivitasbudidaya ikan lele di Kalasan adalah 9,53 kg/m2. Dosis pemberian pakan, jumlah pupuk yang digunakandan pengalaman buidaya berpengaruh signifi kan dalam meningkatkan produksi budidaya ikan lele. Padattebar benih, jumlah tenaga kerja, pakan tambahan dan keanggotaan dalam kelompok pembudidaya ikantidak berpengaruh signifi kan terhadap produksi budidaya ikan lele.

Keywords


analisis produksi, ikan lele, Clarias gariepinus

Full Text:

PDF


References

Anonim. 2009. Better Management Practices (BMPs) for striped catfi sh (tra catfi sh) farming practices in the Mekong Delta, Vietnam. AusAID Funded Project. Australia. 75 p.

Arief, M., N. Fitriani, dan S. Subekti. 2014. Pengaruh pemberian probiotik berbeda pada pakan komersial terhadap pertumbuhan dan efi siensi pakan ikan lele sangkuriang (Clarias sp.). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. VI(1):49-53.

Boyd, C.E., C. Lim, J. Queiroz, K. Salie, L. de Wet & A. McNevin. 2004. Best management practices for responsible aquaculture. Program Management Offi ce of the Aquaculture Collaborative Research Support Program – United States Agency for International Development. USA. 47 p.

Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. 2014. Buku pedoman data Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Tahun 2014. Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Yogyakarta.118 hlm.

Hermawan, A.T, Iskandar & U. Subhan. 2012. Pengaruh padat tebar terhadap kelangsungan hidup pertumbuhan lele dumbo (Clarias gariepinus Burch.) di kolam Kali Menir Indramayu. Jurnal

Kelautan dan Perikanan. III(3):85-93.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor KEP. 02/MEN/2007 Tentang Cara Budidaya Ikan yang Baik.

Martudi, S. & Lilisti. 2011. Analisis pemberian pakan dengan kadar protein yang berbeda terhadap pertumbuhan ikan lele Sangkuriang (Clarias sp.). Jurnal Agroqua. IX(1):1-5.

Nuryanti, S. & D.K.S. Swastika. 2011. Peran kelompok tani dalam penerapan teknologi pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi. XXIX(2):115-128.

Priyatno, D. 2013. Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Mediakom. Yogyakarta. 144 hlm.

Shafrudin, D., Yuniarti dan M. Setiawati. 2006. Pengaruh kepadatan benih ikan lele dumbo (Clarias sp.) terhadap produksi pada sistem budidaya dengan pengendalian nitrogen melalui

penambahan tepung terigu. Jurnal Akukakultur Indonesia. V(2):137-147.

Sukadi, M.F. 2002. Peningkatan teknologi budidaya perikanan (the improvement of fish culture technology). Jumal lktiologi Indonesia. II(2): 61-66.

Wahyuni, S. 2003. Kinerja kelompok tani dalam sistem usaha tani padi dan metode pemberdayaannya. Jurnal Litbang Pertanian. XXII(1):1-8.



DOI: https://doi.org/10.22146/jfs.10361

Article Metrics

Abstract views : 49268 | views : 29203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Journal of Fisheries Sciences



Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada (print ISSN 0853-6384; online ISSN 2502-5066) is published by Department of Fisheries, Universitas Gadjah Mada in collaboration with Semnaskan UGM (Seminar Nasional Tahunan Hasil Perikanan dan Kelautan) and ISMFR (International Symposium on Marine and Fisheries Research).

 

View My Stats