PENGUJIAN CAPM DI BEJ PERIODE 1994-1997: Standard CAPM ataukah Zero Beta?



Suad Husnan(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Dengan menghindari analisis cross seclional, pengujian unluk saham-saham yang relatif aktip diperdagangkan di BEJ, periods 1994-1997, menunjukkan bahwa hubungan sebagaimani diharapkan dalam standard CAPM berlaku. Penggunaan cara ini akan menghindarkan analisis dari kemungkinan terjadinya bias karena dipergunakannya estimated beta dalam analisis cross seclional. Kelemahan cara ini adalah tidak dapat menaksir harga risiko. Analisis lebih lanjut ieniang kemungkinan berlakunya zero Beta CAPM ternyata tidak mendukung, karena tanda a, tidak selalu sesuai dengan nilai p,, dan tidak terdapat korelasi yang negatip antara ft dengan ay. Hasil analisis lebih mendukung standard CAPM karena secara keseluruhan, a,, tidaklah bsrbeda secara nyata dari not.

Full Text:

PDF


References

Brealey, R., and Myers. S., 1991, Principles of Corporate Finance, McGraw Hill.

Elton, E.J., and Gruber, M.J., 1995, Modern Portfolio Theory and Capital Investment , Analysis. John Wiley & Sons.

Fama, E.F., 1970, "Efficient Capital Markets: A review of Theory and Empirical Works", Journal of Finance, pp.427-456.

Henny, A.. 1995, "Pengujian Standard CAPM dan Perluasannya:Pengamatan di BEJ", thesis tidak dipubiikasikan. Program Studi MM-UGM, Yogyakarta.

Hossari, Ghassan, 1994, "The Arbitrage Pricing Theory: Malaysian Evidence", paper presented on the sixth annual PACAP finance conference, Jakarta, July 6-8.

Husnan, Suad, 1990, "The Indonesian Stock Market: Its Contribution to Financial Development and the Application of the Efficient Market Hypothesis", Unpublished Ph.D. Thesis, Department of Accounting & Finance, The University of Birmingham, England.

Husnan, Suad, 1993, "The First Issues Market: The Case of The Indonesian Bull Market", Indonesian Economic Journal, Oktober, pp. 16-32

Noer, Ipandia Ridjani, 1993, "Aplikasi CAPM: Studi Kasus BEJ", skripst tidak dipubiikasikan, FE-UGM, Yogyakarta.

Prananingsih, Ardiyanii, 1991, "Analisis Risiko dan Tingkat Keuntungan Saham di Bursa Efek Jakarta Periode 1990, Skripsi tidak dipubiikasikan, Fakultas Ekonomi UGM.

Pudjiastuti, Enny, 1997, "Konlribusi dan Pe-ngaruh Faktor Domestik dan Internasional", makalah tidak dipubiikasikan, STIE "YKPN", Yogyakarta.

Roll, R., 1977, "A Critique of the Asset Pricing Theory's Tests; Part 1: On Past on Potential Testability of the Theory", Journal of Financial Economics, March, pp. 129-176,7.

Sharpe, W.F., and Cooper, G.M., 1972. "Risk-Return Class of New York Stock Exchange Common Stocks, 1931-1967", Financial Analyst Journal, MarchApril, pp.33-42.

Syukur, Abdoel. 1994, "Pengujian CAPM di BEJ tahun 1992/1993", thesis MM-UAJ, Yogyakarta.

Wahyudi, Edi, 1997, "Pengujian Arbitrage Pricing Theory (APT): Identifikasi FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Harga Saham di BEJ" thesis iidak dipubiikasikan. Program MM-UGM, Yogyakarta.

Widjanarko, H., 1998, "Pengujian CAPM di BEJ Dengan Metode Simple Test: Penelitian Pada Buian Juli 94-Juni 1997", thesis tidak dipubiikasikan. Program Studi MM-UAJ, Yogyakarta.




Article Metrics

Abstract views : 1088 | views : 1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Journal of Indonesian Economy and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics