AKUNTANSI MANAJEMEN JEPANG: GENKA KIKAKU DAN KAIZEN



RA Supriyono(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode manajemen biaya yang dlgunakan oleh suatu perusahaan harus bermanfaat untuk pembuatan keputusan, perencanaan dan pengendalian dalam memproduksi produk baru yang sesuai dengan permintaan pembeli, dengan harga rendah, dan juga membantu untuk mengurangi biaya produk yang ada dengan mengeliminasi pemborosan. Untuk mencapai hal ini, perusahaan memerlukan sistem manajemen biaya total (total cost management) yang mencakup penentuan biaya target (target costing) dan penentuan biaya Kaizen (Kaizen costing). Langkah-langkah manajemen biaya total meliputi: (1) rencana produk yang dapat memenuhi permintaan mutu dari para pelanggan, (2) menentukan biaya target sesuai dengan mutu yang diminta para pelanggan dapat dicapai dengan menggunakan cetak biru yang didasarkan pada perekayasaan nilai (value engineering, VE) atau pengurangan biaya dalam arti sempit, dan (3) menentukan proses untuk mencapai biaya target (target cost) dalam kinerja produksi (pengendalian biaya). (Yasuhiro, 1989, hal. 15-16).

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik sistem akuntansi manajemen Jepang, khususnya manajemen biaya total. Sistem ini banyak digunakan dalam perusahaan mobil Jepang. Tulisan ini berisi dua pilar utama sistem manajemen biaya total yaitu: (1) "Target costing" adalah sistem untuk mendukung proses pengurangan biaya dalam tahap pengembangan dan perancangan model baru; dan (2) "Kaizen costing," adalah sistem untuk mendukung proses pengurangan biaya dalam tahap pemanufakturan produk yang ada. Sistem akuntansi manajemen berfungsi sangat baik melalul target costing dan Kaizen costing dalam perusahaan mobll Jepang. Kedua sistem Ini memerlukan keterlibatan semua orang dalam organisasi.


Keywords


Akuntansi Manajemen, Akuntansi Manajemen Jepang

Full Text:

PDF


References

Makido, (1991) Recent Trends in Japan.s Cost Management Practices, Journal of Management Accounting Research, American Accounting Association. Volume 3, Fall. Masaaki Imai, (1991) Kaizen: Kunci Sukses Jepang dalam Persalngan. Jakarta: FT Pustaka Binaman Pressindo (Terjemahan). Monden, (1989) Total Cost Management System in Japanse Automobile Corporation, Japannese Management Accounting: A Worrld Class Approach to Profit Management, Cambridge: Productivity Press. Monden, dan Hamada, (1991) "Target Costing and Kaizen Costing In Japanese Automobile Companies", Journal of Management Accounting Research. American Accounting Association. Volume 3, Fall.




Article Metrics

Abstract views : 4656 | views : 16009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 1994 Journal of Indonesian Economy and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics