Cover Image

INDEKS BIOTIK TINGKAT FAMILY: UPAYA AWAL PENYUSUNAN INDEKS BIOTIK UNTUK SUNGAI TROPIS INDONESIA (Famely Biotic Index : Prelimenary Establishment of Biotic Index for Indoensian Tropical Stream)

https://doi.org/10.22146/jml.18702

Sri Puji Saraswati(1*)

(1) Laboratorium Teknik Penyehatan dan Lingkungan, Jurusan Teknik Sipil & Lingkungan, Fakutas Teknik UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Suatu indeks biotik dicoba dikembangkan untuk sungai tropik di Indonesia, dengan menggunakan uji penelitian di sungai Gajahwong di Yogyakarta. Variabel lingkungan yang diperoleh pada musim kemarau dan musim hujan diklasifikasikan berdasarkan lokasi sampel menurut "penurunan gradien" di sumbu I dan sumbu 2 dariAnalisis Komponen Utama (Principle Component Analysis). Tiga metode analisis digunakan untuk menghasilkan indeks biotik makroinvertebrata/ makrobenthos yang ada di sungai yang dipengaruhi oleh limbah rumah tangga dan industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks biotik yang disusun dapat digunakan sebagai indikator yang baik untuk merefleksikan kondisi habitat di sungai yang diteliti dan memberikan nilai korelasi yang baik dengan indeks lain yang menggunakan identifikasi tingkat famili.

 

ABSTRACT

A biotic index was tried to be developed for Indonesian tropical stream, taking as a test case Gajahwong Stream in Yogyakarta. Environmental variables investigated in dry season and rainy season are classified based on the sampling sites according to decreasing gradient in axis 1 and axis 2 of Principal Component Analysis. Three metrics were used to derive the tolerance value of macroinvertebrates assemblages in stream affected by municipal and industrial waste.  The result showed that the tolerance values derived is a good indicator in reflecting the habitat condition in the study stream and have good relationship to the other index of family level identification





DOI: https://doi.org/10.22146/jml.18702

Article Metrics

Abstract views : 3497 | views : 4627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Manusia dan Lingkungan



JML Indexed by:

  

Web
Analytics View My Stats