Analisis Penetapan Biaya Sekolah atas Dana Bantuan Operasional Daerah (Studi Komparasi pada SMP Negeri 2 Depok dan SMP Muhammadiyah 3 Depok di Kabupaten Sleman)

https://doi.org/10.22146/abis.v13i3.109058

Monilia Annisa(1*), Aviandi Okta Maulana(2)

(1) Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan biaya sekolah atas pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) di SMP Negeri 2 Depok dan SMP Muhammadiyah 3 Depok. Studi dilakukan dengan pendekatan kualitatif komparatif menggunakan metode activity-based costing untuk menghitung biaya satuan per siswa, serta wawancara mendalam dan tinjauan dokumen untuk mengkaji pengelolaan dan kecukupan dana BOSDA. Hasil menunjukkan perbedaan dan persamaan antara kedua sekolah. Perbedaan terletak pada jumlah dan jenis sumber dana, serta hasil selisih antara metode ABC dengan metode perhitungan sekolah. Di sisi lain, kedua sekolah menunjukkan persamaan berupa variasi biaya satuan antar jenjang dan program pendidikan, serta menerapkan tahapan penetapan biaya meliputi perencanaan, pengelolaan, dan pelaporan. Praktik isomorfisme koersif ditunjukkan kedua sekolah melalui kepatuhan terhadap regulasi, dan isomorfisme normatif melalui partisipasi dalam bimbingan teknis serta pemenuhan kompetensi kepala sekolah. SMP Negeri 2 Depok menghadapi keterbatasan dana akibat ketergantungan pada sumber dana, sementara SMP Muhammadiyah 3 Depok lebih fleksibel secara finansial namun tetap menghadapi tantangan pengeluaran insidental. Temuan ini memberikan saran bagi pengambil kebijakan dan pengelola sekolah dalam mengalokasikan serta mengelola dana BOSDA secara lebih proporsional dan adaptif sesuai kebutuhan sekolah.

Keywords


penetapan biaya sekolah; dana BOSDA; activity-based costing; teori institusional isomorfisme

Full Text:

PDF


References

Ahyaruddin, Muhammad, dan Rusdi Akbar. 2018. “Indonesian Local Government’s Accountability and Performance: the Isomorphism Institutional Perspective.” Jurnal Akuntansi dan Investasi 19(1). doi:10.18196/jai.190187.

Ajzenman, Nicolás, Eleonora Bertoni, Gregory Elacqua, Luana Marotta, dan Carolina Méndez Vargas. 2020. Altruism or money? Reducing teacher sorting using behavioral strategies in Peru.

Akbar, Muhammad Firyal. 2016. “Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara).” Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik 2(1). Aku Pintar. 2024.“SMP NEGERI 2 DEPOK - Aku Pintar.” https://akupintar.id/sekolah/-/cari-sekolah/detail_sekolah/smp-negeri-2-depok/83416869.

Bhattacharjee, Suchismita, dan Georg Reichard. 2011. “SOCIO-ECONOMIC FACTORS AFFECTING INDIVIDUAL HOUSEHOLD ENERGY CONSUMPTION: A SYSTEMATIC REVIEW.” Creswell, John W. 2016. Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

DiMaggio, Paul J., dan Walter W. Powell. 1983. “The Iron Cage Revisited: Institutional Isomorphism and Collective Rationality in Organizational Fields.” American Sociological Review 48(2):147–60.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. 2020. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Pendidikan Tahun 2020. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 2023.“Data Sekolah Prov. D.I. Yogyakarta.” https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/1/040000.

Fadoli, M. Irsyad, Teguh Yuwono, dan Tri Yuniningsih. 2021. “Implementasi Kebijakan Sekolah Swasta Gratis di Kota Semarang.” Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial 5(1).

Hansen, Don R., dan Maryanne M. Mowen. 2007. Managerial Accounting. 8th ed. Thomson South-Western. Hayatunnida, Jihan, dan Shaleh. 2022. “Analysis of Estimation of Education Unit Costs (Micro Approach and Macro Approach).” Journal of Educational Management Research 01(01):24–33.

Horngren, Charles T., Srikant M. Datar, dan George Foster. 2008. Akuntansi Biaya: Dengan Penekanan Manajerial. Jakarta: Erlangga. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 9/PMK.07/2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik.

Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2012.

Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pendirian, Perubahan, dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 63 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan.

Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, Dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan.

Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2023. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 3/P/2023 Tentang Satuan Biaya, Penerima Dana, dan Besaran Alokasi Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Reguler, Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler, dan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Reguler Tahun Anggaran 2023. Republik Indonesia.

Khattak, Naeem Ur Rehman Khattak, Jangraiz Khan, Muhammad Tariq, dan Sajjad Tasleem. 2010. “Determinants of Parents’ Choice in Selection of Private Schools for Their Children in District Peshawar of Khyber Pakhunkhwa Province.” Munich Personal RePEc Archive. Lawrentiis, Lisa, dan Harry Andrian Simbolon. 2014.“Activity Based Costing.” https://akuntansiterapan.com/2014/02/17/activity-based-costing/.

Maidah, Annisa Nur, Daud Kondorura, dan Rita Kala Linggi. 2018. “Studi tentang Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.” 6(4):1765–74. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. 2022. Peraturan Bupati Sleman Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Bantuan Operasional Sekolah Daerah. Republik Indonesia.

Perwita, Dyah, dan Retno Widuri. 2022. “Telaah Pendidikan: preferensi orang tua memilih sekolah swasta daripada sekolah negeri.” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan pembelajarannya. doi:10.25273/equilibrium.

Putra, Rizki Rachmatullah Catur, dan Amrie Firmansyah. 2022. “Activity Based Costing dalam Penentuan Biaya Pendidikan per Siswa pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren X Pacitan.” Akuntansiku 1(1). Putri, Ummul Hanifah. 2019. “Efektivitas dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan.”

Rekasari, Meli Haryati. 2020. “Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah (Study Evaluatif di SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan).” JURNAL MANAJER PENDIDIKAN 14(2):83–91.

Republik Indonesia. 1945. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia. Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Saputra, Agung. 2018. “Allocation of Education Budget in Indonesia.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal I(2):2615–1715. Suara Muhammadiyah. 2018.“Tim Robotik SMP Muhammadiyah 3 Depok Berjaya di Thailand.”

Sumardiningsih, Sri, Sugiharsono, Mimin Nur Aisyah, dan Aula Ahmad Hafidh Saiful Fikri. 2018. “Model Activity Based Costing pada Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 15(1).

Todd, Vicki, dan Jerry C. Hudson. 2007. “Using Graded Peer Evaluation To Improve Students’ Writing Skills, Critical Thinking Ability, And Comprehension Of Material In A Principles Of Public Relations Course.” Journal of College Teaching & Learning 4(10):39–46.

Winarni, Dwi, dan Luthfi Zamakhsyari. 2021. “Analisis Kualitas Informasi Akuntansi melalui Pendekatan Teori Institusional Isomorfisme.” JRAK Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 7(2).

Zancajo, Adrián, Antoni Verger, dan Clara Fontdevila. 2022. “The instrumentation of public subsidies for private schools: Different regulatory models with concurrent equity implications.” European Educational Research Journal 21(1):44–70. doi:10.1177/14749041211023339.

Zuilkowski, Stephanie Simmons, Benjamin Piper, Salome Ong’ele, dan Onesmus Kiminza. 2018. “Parents, quality, and school choice: why parents in Nairobi choose low-cost private schools over public schools in Kenya’s free primary education era.” Oxford Review of Education 44(2):258–74. doi:10.1080/03054985.2017.1391084.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v13i3.109058

Article Metrics

Abstract views : 683 | views : 539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500