ANALISIS INDIKASI PRAKTIK MANAJEMEN LABA (STUDI KUALITATIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN IN-DEPTH INTERVIEW PADA AUDITOR)

https://doi.org/10.22146/abis.v8i1.58817

Yoan Yohana Tallane(1*), Indra Wijaya Kusuma(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


INTISARI

 

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara deskriptif indikasi praktik-praktik manajemen laba yang terjadi di Indonesia berdasarkan pengalaman ahli audit forensik dalam mengaudit laporan keuangan. Praktik manajemen laba dibagi ke dalam lima kategori yakni gambaran manajemen laba secara umum dan empat pendekatan manajemen laba yang dibahas oleh Nelson, et al. (2003), yaitu; (1) pendekatan manajemen laba yang mempengaruhi biaya & kerugian lainnya, (2) pendekatan manajemen laba yang mempengaruhi pendapatan saat ini & keuntungan lainnya, (3) pendekatan manajemen laba yang berhubungan khusus dengan kombinasi bisnis, dan (4) pendekatan lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa praktik manajemen laba yang dilakukan pada setiap perusahaan berbeda-beda, baik antara sektor publik dan sektor swasta. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal, salah datunya karena karakteristik dari masing-masing perusahaan. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa jenis-jenis praktik manajemen laba yang diidentifikasikan oleh Nelson, et al. (2003) pada perusahaan-perusahaan di Amerika dengan menggunakan empat pendekatan tersebut juga seringkali ditemukan oleh ketiga orang ahli audit forensik Indonesia yang menjadi narasumber di dalam penelitian ini.


Keywords


manajemen laba, praktik manajemen laba, audit laporan keuangan, ahli audit forensik.

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA Collins, K. M. dan Killough, L.N (1992), “An empirical examination of stress in public accounting”, Accounting, Organizations & Sociaty.”, Vol. 17: 535-47 Cooper, D. R. dan Schindler, P.S., 2014. Business Research Methods. New York: McGraw-Hill. Cresswell, J. W., 2007. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approach, Edisi Kedua, Thousand Oaks: Sage Publication Cresswell, J. W., 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Edisi Keempat, Thousand Oaks: Sage Publication Dechow, P. M. dan Skinner, D.J. (2000), “Earnings Management: Reconciling the Views of Accounting Academics, Practicioners, and Regulators.” Accounting Horizons, Vol 14: 235-250 Graham J. R., Harveya C.R., dan Rajgopal Shiva (2005), “ The Economic Implications of Corporate Financial Reporting” Journal of Accounting and Economics, Vol 40: 3-73 Healy, P. M and Wahlen, J.M. (1999), “A Review of the Earnings Management Literature and Its Implications for Standard Setting.” Accounting Horizons, 13(4), 365-383 Jensen, M. C. dan Meckling W. H. (1976), “Theory of the Firm: Managerial Behaviour, Agency Cost and Ownership Structure”. Journal of Financial Economics, (October) Hlm 305-360. Leuz, C., D. Nanda D. dan Wysocki, P. D. (2003), “Earnings Management and Investor Protection: An International Comparison.” Journal of Financial Economics, Vol. 69: 505–27. Miles M. B., dan Huberman A. M., 2014. Qualitative Data Analysis. Edisi Ketiga. Sage Publication Inc. Moleong, L.J., 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Rosda Nelson M. W., Elliott J. A., dan Tarpley R. L. (2003). “How Earnings Managed? Examples From Auditors.” Accounting Horizons Scott, R. W. (2000). Financial Accounting Theory. Second Edition. Prentice Hall International, Inc Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Zimbelman M. F., Albrecht C. C., Albrecht W. S., dan Albrecht C. O., 2014. Forensic Accounting. Edisi Keempat. Salemba Empat



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v8i1.58817

Article Metrics

Abstract views : 1050 | views : 3758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500