EVALUASI DAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) BUMN MENGGUNAKAN MODEL PERATINGAN CGCG UGM (Studi Pada PT PP (Persero) Tbk)

https://doi.org/10.22146/abis.v7i2.58832

Ni Made Malinkaya Petitsa(1*), Indra Wijaya Kusuma(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Kompetisi bisnis di era globalisasi sangatlah penting. Jika ingin terus bertahan, maka perusahaan harus mengevaluasi kinerjanya dan melakukan perbaikan-perbaikan. Salah satu perbaikan yang dapat dilakukan yaitu pada sistem tata kelola perusahaannya. Tata kelola perusahaan berguna untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang dapat dilihat pada laporan keuangan. Kinerja keuangan yang baik dapat meningkatkan keuntungan/ profit bagi perusahaan. Hal tersebut dapat tercapai apabila terdapat kerjasama dan tata kelola yang baik dari seluruh komponen perusahaan yang disebut Good Corporate Governance (GCG).

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan GCG pada PT PP (Persero) Tbk dengan menggunakan model peratingan Center for Good Corporate Governance (CGCG UGM). Penelitian ini menggunakan kuesioner online CGCG UGM dengan metode self assessment untuk membantu pihak internal perusahaan mengetahui secara langsung bagian CG yang rendah dan langsung dapat diperbaiki. Kuesioner CGCG UGM ini terdiri dari 497 pertanyaan dengan 54 responden. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan 4 (empat) konstruk dasar CGCG UGM yaitu Transparency dengan nilai 1494,08, Accountability dengan nilai 749,05, Responsibility dengan nilai 518,07 dan Fairness dengan nilai 796,09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT PP (Persero) Tbk mendapatkan skor A+ dengan total nilai 3557. Hasil skor “A+” berada pada posisi 3 dari 16 ranking yang ada di CGCG UGM sehingga penerapan GCG pada PT PP (Persero) Tbk dinilai sudah baik namun belum optimal

Keywords


Good Corporate Governance, CGCG UGM, Corporate Governance, Transparency, Accounta-bility, Responsibility, Fairness

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA Bahtiar. 2011. “Penerapan Konsep dan Model Peratingan CG dari CGCG UGM pada Kasus Bank Sinarmas Tbk.” Yogyakarta: Tesis S-2. Univer-sitas Gadjah Mada. Black, B. 2001. “Does Corporate Govern-ance Matter.” A Crude Test Using Rusian Data. University of Pennsyl-vania Review. Bushman, R dan Smith, A. 2001. “Financial Accounting Information And Corporate Governance.” Journal of Accounting and Economic 32, pp.237–333. Center for Good Corporate Governance Universitas Gadjah Mada (CGCG UGM). 2012. “Konstruk Pertanyaan Dashboard Tata Kelola Korporasi Pe-rusahaan bagi Seluruh Entitas Bisnis BUMN/D dan Swasta.” Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Ed, Cali-fornia. USA: Sage Publications, Inc. Dwita. 2014. “Implementasi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank DKI.” Tesis S-2. Universitas Gadjah Mada. Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indo-nesia. BEJ Jakarta. Diakses pada 17 Februari 2017. http://www.governance-indonesia.or.id. Kurnia, Ridzka. 2015. “Penilaian Penerapan Corporate Governance Menggunak-an Model Peratingan CGCG UGM (Studi pada Bank Nagari).” Tesis S-2. Universitas Gadjah Mada. Miller dan J.R Macey. 1995. “Corporate Governance and Commercial Bank-ing: A Comparative Examination of Germany, Japan, and the United States” Stanford Law Review 48, pp.73-112. Nofitasari, Kertahadi dan Yaningwati. 2015. “Pengaruh Good Corporate Govern-ance dan Kinerja Perusahaan Ter-hadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indo-nesia Tahun 2010-2013).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.25. No.1. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 2011. Board Practices: Incentives and Governing Risks. Paris: The OECD. Shastri, Ambika. 2016. “Analisis Implemen-tasi Good Corporate Governance pa-da PT.BPR Sukawati Pancakanti dengan Model Peratingan CGCG UGM.” Tesis S-2. Universitas Gad-jah Mada. Surat Keputusan Menteri Badan Umum Milik Negara Nomor 117/M-MBU/2002, tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance (GCG) pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 1 Agustus 2002.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v7i2.58832

Article Metrics

Abstract views : 1167 | views : 6813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500