Analisis Efisiensi Pengelolaan Biaya Dengan Penerapan Activity Based Management. (Studi Pada Jasa Rawat Inap RSUD Kota Yogyakarta)

https://doi.org/10.22146/abis.v8i1.58884

Salomo Rocky Ticoalu(1*), R.A. Supriyono(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


INTISARI

 

Latar belakang: Pengendalian atas biaya-biaya merupakan salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan dalam rangka mengurangi dan mengendalikan biaya agar mampu bertahan dalam persaingan. Pengambilan keputusan yang tepat mengenai masalah pengurangan biaya ini mengarah pada suatu metode pengelolaan aktivitas yang disebut activity based-management. RSUD Kota Yogyakarta memiliki banyak jenis pelayanan yang diberikan sehingga perlu untuk melakukan efisiensi biaya dengan cara mengurangi biaya yang tidak menambah nilai.

Tujuan penelitian:(1) mengetahui efisiensi biaya berdasarkan metode activity based management dengan informasi biaya yang akurat sehingga bisa mengurangi aktivitas yang tidak efisien,(2) merekomendasikan/saran kepada pembuat kebijakan untuk upaya efisiensi biaya.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, observasi. Penelitian ini terlebih dahulu tarif rawat inap dengan metode tradisional dan activity based costing, kemudian melakukan perhitungan efisiensi biaya dengan metode activity based management.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Kota Jogja belum menerapkan perhitungan yang akurat dan masih dengan metode tradisional. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tarif jasa rawat inap RSUD Kota Yogyakarta masih overcosting dan undercosting. Penerapan activity based management menghasilkan aktivitas yang tidak menambah nilai dan aktivitas yang menambah nilai yang perlu di pertahankan. RSUD Kota Jogja belum menerapkan activity based management karena kurangnya sumber daya yang ada dalam penerapan activity based management.


Keywords


abis;abisugm;abisfebugm;maksi;maksiugm;maksifebugm,feb,febugm, activity based management, activity based costing, efisiensi biaya

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA Atkinson, A.A., Robert S. Kaplan., Ella M. Matsumura., S. Mark Young. 2009. Akuntansi Manajemen (Terjemahan Edisi ke lima). Jakarta. PT Indeks. Creswell, John W. 2010. Research Design;Qualitative,Quantitatie,and Mixed Method Approaches. California. SAGE Publication, Inc. Hansen, D.R dan Maryanne.M. Mowen. 2013. Akuntansi Manajerial (Terjemahan, Edisi ke delapan). Jakarta: Salemba Empat. Kholmi Masiyah, Yuningsih. 2009. Akuntansi Biaya (Cetakan ke lima). Malang. UMM Press. Mulyadi. 2007. Activity Based Cost System.Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta. Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya (Edisi ke lima). Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta. Supriyono, R.A. 1992. Akuntansi Biaya: Perencanaan dan Pengendalian Biaya.Yogyakarta: BPFE. Supriyono, R.A. 1999. Akuntansi Biaya Buku 1. Yogyakarta: BPFE. Supriyono, R.A. 2002. Akuntansi Biaya dan Akuntansi Manajemen untuk Teknologi Maju dan Globalisasi Edisi 2. Yogyakarta: BPFE. Yin, R. K. 2014. Case Study Research: Design and Methods 5th Edition. Thousand oaks, CA: Sage Publications, Inc.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v8i1.58884

Article Metrics

Abstract views : 2768 | views : 8743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500