ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK (Studi pada SP Aluminium)

https://doi.org/10.22146/abis.v6i3.59083

Novitasari Eviyanti(1*), Hardo Basuki(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komponen biaya kualitasserta melakukan perhitungan biaya kualitas yang terjadi pada SP Aluminiumuntuk meningkatkan kualitas produk dengan mengurangi produk cacat. Penelitianini dilakukan dengan mengidentifikasi dan menghitung biaya kualitas di SPAluminium dengan menggunakan metode Prevention, Appraisal, dan Failure(PAF). Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif denganpendekatan studi kasus. Objek penelitian ini adalah SP Aluminium yangmerupakan satu-satunya pengrajin aluminium terbesar di Yogyakarta yangmelebur aluminium hingga menjadi barang jadi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SP Aluminium sudah memilikiaktivitas yang digunakan untuk meningkatkan kualitas atas produk yang merekahasilkan. Biaya yang dikeluarkan untuk meningkatkan kualitas adalah biayapenyuluhan karyawan dan mitra, pembuatan alat cetak, biaya pemeliharaan mesin,biaya pemeriksaan bahan baku, biaya pemeriksaan barang dalam proses, biayapengujian produk jadi, pengerjaan kembali produk cacat, dan biaya garansi.Kelemahan klasifikasi model PAF ini hanya mampu mendeteksi biaya kualitaspada laporan keuangan dan tidak dapat memaparkan biaya yang sulitdiidentifikasi (hidden cost).

Keywords


Abis, Abisugm, Maksi,Maksiygm, Feb, FebUgm, Biaya Kualitas, Biaya Pencegahan, Biaya Penilaian, Biaya Kegagalan, SP Aluminium

Full Text:

PDF


References

Blocher, Edward J., David E. Stout,dan Gray Cokins. 2012.Manajemen Biaya:Penekanan Strategis.Jakarta: Salemba Empat.Gaspersz, Vincent. 2001. TotalQuality Management.Jakarta: PT. GramediaPustaka Umum.Hansen, Don R dan Maryanne M.Mowen. 2007. ManagerialAccounting, 8th Edition.USA: Thomson SouthWestern.Hartono, Jogiyanto. 2013. MetodePenelitian Bisnis, SalahKaprah dan PengalamanPengalaman, Edisi 6.Yogyakarta: BPFE.Hennink, M., Hutter, I., dan Bailey,A. 2011. QualitativeResearch Methods. London:Sage Publications.Miles,M.B, Hubberman, A.M, danSaldana, J. 2014.Qualitative Data Analysis, AMethods Sourcebook,Edition 3. USA: SagePublications.Sugiyono. 2014. Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.Supriyono, R.A. 2002. AkuntansiBiaya dan AkuntansiManajemen untuk TeknologiMaju dan Globalisasi (EdisiKedua). Yogyakarta :BPFE.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v6i3.59083

Article Metrics

Abstract views : 616 | views : 1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500