EKSPLORASI PENGEMBANGAN E-LEARNING AKUNTANSI TERINTEGRASI DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN ANALISIS KARAKTERISTIK INOVASI: STUDI KASUS PADA E-LEARNING SIDEK-Edu

https://doi.org/10.22146/abis.v10i3.77563

Nadya Windy Putrie(1*), Sony Warsono(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan – Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi episode manajemen pengetahuan, mengidentifikasi tantangan dan hambatan untuk menghasilkan e-learning akuntansi terintegrasi SIDEK-Edu (Sistem Informasi Debit Kredit untuk Edukasi), serta mengukur persepsi inovasi SIDEK-Edu sebagai media pembelajaran akuntansi. Metode - Desain penelitian yang digunakan adalah exploratory mixed-method untuk mendeskripsikan episode manajemen pengetahuan melalui prosedur kualitatif secara tematik. Prosedur kuantitatif melalui analisis deskriptif dilakukan untuk mengukur persepsi inovasi SIDEK-Edu dengan responden terdiri atas 26 dosen, 13 mahasiswa, dan 65 guru akuntansi. Penelitian ini termasuk studi longitudinal yang medeskripsikan perjalanan aktivitas manajemen pengetahuan untuk mengembangkan e-learning akuntansi.

Temuan – Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa terdapat transfer pengetahuan dimulai pada
episode asimilasi pengetahuan sampai dengan emisi pengetahuan. Faktor lingkungan,
manajemen, dan sumber daya terbukti berpengaruh serta dapat menimbulkan hambatan
akivitas manajemen pengetahuan dan tantangan diseminasi. Hasil pengukuran tingkat inovatif
menunjukkan bahwa SIDEK-Edu sangat inovatif.

Orisinalitas – Penelitian yang mengeksplorasi proses pengembangan media pembelajaran
akuntansi dari perspektif manajemen pengetahuan masih terbatas. Sebagian besar studi
pengembangan media pembelajaran akuntansi juga masih terbatas pada transformasi materi
media cetak menjadi digital dan penggunaan aplikasi pengolah angka, aplikasi akuntansi, serta
e-learning secara terpisah. Penelitian pengembangan media pembelajaran akuntansi yang
mengintegrasikan pembelajaran teori dan praktik akuntansi dalam satu aplikasi masih terbatas.


Keywords


manajemen pengetahuan;inovasi;e-learning akuntansi;SIDEK-Edu

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v10i3.77563

Article Metrics

Abstract views : 705 | views : 713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500