Evaluasi Mekanisme Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Belanja Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman
Nur Azizah Abrida Basuni(1*), Abdul Halim(2)
(1) Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Isu manajemen strategis pendidikan telah menjadi isu umum di Indonesia, terutama tentang rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia di mata dunia. Hal ini menjadi hal yang krusial yang harus diperhatikan oleh bangsa Indonesia. Pembukaan UUD 1945 menyebutkan salah satu cita-cita negara Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karenanya, pemerintah membuat program wajib belajar 9 tahun yang dilengkapi dengan adanya dana BOS. Untuk pengelolaan dana pendidikan yang efektif dan efisien, melengkapi kekurangan dana BOS, serta melaksanakan desentralisasi pendidikan maka dibuatlah program dana BOSDA.
LHP atas LK Pemda Kabupaten Sleman ditemukan adanya pengendalian pengelolaan keuangan atas dana BOSDA oleh Dinas Pendidikan belum memadai. Adanya permasalahan tersebut menimbulkan isu baru pada Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman tentang pemenuhan akuntabilitasnya terkait program dana BOSDA. BPK merekomendasikan untuk menyusun mekanisme BOSDA dengan mempertimbangkan ketersediaan SDM. Adanya kebutuhan untuk pembuatan mekanisme baru dan mengurangi adanya kesalahan saat mekanisme berjalan dibutuhkan evaluasi secara menyeluruh atas mekanisme dana BOSDA di Disdik Sleman.
Penelitian ini melakukan evaluasi menyeluruh dengan metode evaluasi CIPP pada mekanisme BOSDA, baik dari sisi pengguna yaitu instansi pendidikan dan sisi pengelola yaitu Disdik Sleman. Ditemukan bahwa akuntabilitas telah terpenuhi dan keterbatasan SDM bukan menjadi masalah utama namun masih terdapat masalah lain yang mempengaruhi. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya permasalahan yang terjadi setelah rekomendasi dilaksanakan. Permasalahan tersebut meliputi desain program, kapabilitas program, pengendalian dan strategi program dan belum adanya bagan alur dan indikator keberhasilan program menjadi hal yang harus dibenahi oleh Disdik Sleman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, Rabiatul. 2016. Profesionalitas Guru dan Pendidikan Karakter (Kajian Empiris di SDN Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi PPKn FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Volume 6, Nomor 11, Mei 2016.
Anderson, B. 2001. Imagined Communities Komunitas-komunitas Terbayang. (Intan Naomi Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan 14. Jakarta: Rineka Cipta.
Bowens, M. 2005. Public Accountability. The Oxford handbook of public management. New York: Oxford University Press. Retrieved from www.usg.uu.nl/organisatie/medewerkers/m.boven
BPK. 2021. Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun 2020.
Brinkerhoff, R. O. et al. 1986. Program Evaluation: A Practitioner’s Guide for Trainers and Educators. Fourth Printing. Massachusetts: Kluwer-Nijhoff Publishing. (1983:2)
Creswell, J. W. 2014. Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Fourth Edition (Fourth). Washington DC: SAGE Publication.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Faegerlind, Ingemar dan Saha, Lawrence J. (2016). Education and National Development: A Comparative Perspective. Elsivier.
Gibbs, G. (2007). Analyzing qualitative data. (U. Flick, Ed.). California: SAGE Publication.
Hamalik, Oemar. (2018). Evaluasi Kurikulum. Bandung. (2018:13)
Hasanah, Afifatul. (2019). Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) di MTs Syamsul Arifin Curahkalong Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Universitas Jember Vol.9 No.2 2022.
Hilma, Desy. (2019). Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) pada SMA N 3 dan SMA N 4 Bandar Lampung dalam Prespektif Goal Oriented Evaluation Model (GOEM). Jurnal Pendidikan Progresif Vol. 12 No 2 2022.
Istanti, Siti. (2013). Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Kependidikan dan Manajemen Pendidikan Tut Wuri Handayani Vol 9 No3 (2020) Maret.
Jusmin. (2019). Pengaruh Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dan Kinerja Kepala Sekolah terhadap Guru Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Daerah Pinggiran dan Terpencil. Jurnal Citizen Education Vol. 1 No. 1.
Kementerian Dalam Negeri. 2006. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta: Kemendagri.
KSAP. (2021). Standar Akuntansi Pemerintahan.
Laksono, S. (2013). Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi dari Metodologi ke Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. 2017. Peraturan Bupati (Perbup) Sleman Nomor 2 Tahun 2017 tentang Bantuan Operasional Sekolah Daerah
Pemerintah Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar
_________________. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
Pemerintah Indonesia. 1995. Undang-undang Dasar 1945
_________________. 1999. Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.
_________________. 1999. Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah
_________________. 2003. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
_________________. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
_________________. 2014. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
_________________. 2022. Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah .
_________________. 2014. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.
Miles, & Huberman. 1994. Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. (T. Oaks, Ed.). California: SAGE Publication.
Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Neillisa et al., 2018. Peran Program BOSDA dalam Perluasan Akses Pendidikan di SMKN 1 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Progresif Unila Vol.9 No.2 (2019).
Nur, Dinar A.R. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah untuk Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah dan Susu SLB Swasta di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga D.I Yogyakarta.
Kemendikbud. 2013. Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak Sekolah (PMT-AS). Program Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan (ACDP).
Pahlawan, I Made Panji Ananda. 2021. Pengelolaan Dana Pendamping Bantuan Operasional Sekolah Daerah Provinsi Bali pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnbal Ilmiah Wahana Bhakti Praja Vol 11 No.2
Patton, M. Q. 2002. Qualitative Research & Evaluation Methods. (Ralph Erskine Conrad Memorial Fund, Ed.) (3rd ed.). CA: SAGE Publication.
Rubiyati, Wahyu Ruri dan Ismanto, Bambang. 2020. Evaluasi program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Vol.6 No.2. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2614
Stainback, Susan William. 1988. Understanding & Conducting Qualitative Research. Kendall/Hunt Publishing Company: Dubuque, lowa
Stark, J.S. & Thomas, A. 1994. Assessment and program evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing. (1994: 12)
Stufflebeam, David L and Shinkfield, Anthony J. 1986. Systematic Evaluation. USA: Kluwer-Nijhoff Publishing
Stufflebeam, D. L. et al. 1971. Educational Evaluation and Decision Making. Fourth Printing. Illinois: F. E. Peacock Publishers, Inc.
Stufflebeam, D. L. and Shinkfield, A. J. 1985. Systematic Evaluation: A SelfInstructional Guide to Theory and Practice. Massachusetts: Kluwer-Nijhoff Publishing.
Stufflebeam, D. L., Madaus G. F., dan Kellaghan, T. 2000. Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation (2nd Edition). New York: Kluwer Academic Publishers.
Stufflebeam, H McKee and B McKee. The CIPP Model for Evaluation. (Paper presented at the 2003 Annual Conference of The Oregon Program Evaluation Network)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto A. 2016. Evaluasi Prosedur Pengalokasian Dana Bantuan Pendidikan dari APBD Kabupaten Karanganyar pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tahun Anggaran 2014-2015. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI Vol.5 No.1 2018
Selly et al., (2020). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dan Bantuan Operasional Sekolah Nasional (BOSNAS) Tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Samarinda terhadap Kinerja Keuangan Sekolah. 10.29264/JIEM.V5I3.6970.
Siyoto, S., & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.
Stainback, S. W. 1988. Understanding & Conducting Qualitative Research. Lowa: Kendall/Hunt Publishing Company.
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta. (2000:59)
Tyler, R.W. 1949. Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.
Y. Sutrisnawati, I.G.K.A Sunu, K.R Dantes. 2021. Evaluasi Pelaksanaan Penggunaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Tahun Anggaran 2020 dengan Model CIPP (Studi Kasus pada SMK N Se-Kota Denpasar)
Weiss, Carol H. 1972. Evaluation research. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
World Bank. 2013. BOSDA: Enhancing Equity and Performance Through Local School Grands in Indonesia.
Worthen, B. R. dan Sanders J. R. 1987. Educational Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York: Longman Inc.
DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v11i2.83652
Article Metrics
Abstract views : 2798 | views : 1756Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
______________________________________________________________________________________________________
2302 - 1500