Pemakaian Bahasa Persuasif Media Luar Ruang Selama Masa Pandemik Covid-19 di Dusun Nyangkringan, Kelurahan Bantul, Kecamatan Bantul, DIY

https://doi.org/10.22146/bb.60726

Rudi Ekasiswanto(1*), Ridha Mashudi Wibowo(2)

(1) Departemen Bahasa dan Sastra, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Bahasa dan Sastra, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


The use of appropriate language by speakers has been proven to be able to convey messages clearly to the speech partners that they want, and it can even further change the behavior of the speech partners. This can be exemplified by the use of persuasive language in outdoor media. In order to get considerable attention, outdoor media installation is usually installed in a strategic location. The billboards that are installed, for example, are designed to be large and permanently installed within a certain period of time. The information displayed in billboards is arranged with the right diction, special sentence structure, and has a strong persuasive impact supported by an attractive design. Unfortunately, not all community members have the ability to make representative billboards. Community service activities in Nyangkringan village are aimed to develop two abilities, namely the ability to use language effectively and also to design attractive and informative-persuasive billboards. After receiving adequate guidance, the community service activity participants have been able to create billboards that are memorable and informative-persuasive. The installation of billboards at a later stage of the project indicates a significant change in behavior due to increased public awareness of the Covid-19 pandemic. It is hoped that with the abilities that they already have, in the future, the community service participants can make the necessary outdoor media according to their designation.

====

Pemakaian bahasa penutur secara tepat telah terbukti dapat menyampaikan pesan dengan jelas kepada mitra tutur yang dikehendakinya, bahkan lebih jauh lagi dapat mengubah perilaku mitra tutur. Hal ini dapat dicontohkan dengan pemakaian bahasa persuasif di media luar ruang. Agar dapat memperoleh perhatian yang cukup besar pemasangan media luar ruang biasanya dilakukan di lokasi yang strategis. Baliho yang dipasang, misalnya, didesain berukuran besar dan dipasang secara permanen dalam rentang waktu tertentu. Informasi yang dipajang di dalam baliho disusun dengan diksi yang tepat, struktur kalimat khusus, dan berdampak persuasif yang kuat didukung dengan desain yang menarik. Sayangnya, tidak semua anggota masyarakat memiliki kemampuan membuat baliho yang representatif. Aktivitas pengabdian kepada masyarakat di Dusun Nyangkringan kali ini ditujukan untuk mengembangkan dua kemampuan, yakni kemampuan menggunakan bahasa secara efektif dan mendesain baliho yang menarik dan informatif-persuasif. Setelah mendapat bimbingan yang memadai, peserta kegiatan pengabdian dapat mewujudkan baliho yang mengesankan dan informatif-persuasif. Pemasangan baliho pada tahap selanjutnya mengindikasikan perubahan perilaku yang signifikan atas meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pandemi Covid-19. Diharapkan dengan kemampuan yang telah dimiliki pada masa depan, para peserta pengabdian dapat membuat media luar ruang yang diperlukan sesuai dengan peruntukannya.



Keywords


persuasive language; outdoor media; behavior change; the Covid-19 pandemic; bahasa persuasif; media luar ruang; perubahan perilaku; pandemi Covid-19

Full Text:

PDF


References

Hasanudin, C. (2017). “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Kabupaten Bojonegoro” dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Juni. Bojonegoro: IKIP PGRI

Nugroho, A.T. (2010). “Proses Produksi dalam Pembuatan Iklan Luar Ruang (Outdoor) di Media Artha Advertising” Tugas Akhir. Surakarta: Program Diploma III Periklanan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.

Nurkumala, E.I., Ahmad R.M., dan Agus S. (2017). “Penggunaan Bahasa pada Penulisan Luar Ruang di Kota Ketapang” dalam Neliti: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, Juli. Tanjungpura: Universitas Tanjungpura.

Wibowo, R.M. (2016). “Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas”. Artikel. Yogyakarta: Belum diterbitkan.

____________. (2020). “Pemakaian Bahasa dalam Spanduk Peringatan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Artikel. Yogyakarta: Belum diterbitkan.

____________. (2020). Cermat Menulis dalam Bahasa Indonesia. Cet. 4 (Revisi ISBN). Yogyakarta: A.Com Printing.

Daftar Laman

https://blog.printerqoe.com/cara-menarik-perhatian-orang-agar-membaca-spanduk-anda diakses pada 2 Agustus 2020 pukul 14.59 WIB.

https://kusnantokarasan.com/2015/11/01/nama-nama-dusun-desa-dan-kecamatan-se-kabupaten-bantul/ diakses pada 6 September 2020 pukul 13.35 WIB.

https://mebiso.com/cara-membuat-kalimat-promosi-yang-menarik-biar-omzet-anda-meningkat/ diakses pada 19 Agustus 2020 pukul 21.48 WIB.

https://mediamove.id/jenis-jenis-media-luar-ruangan-yang-paling-poluler/ diakses pada 2 Agustus 2020 pukul 13.47 WIB.

https://solusiprinting.com/berbagai-kelebihan-dan-kekurangan-media-luar-ruang/ diakses pada 2 Agustus 2020 pukul 14.38 WIB.



DOI: https://doi.org/10.22146/bb.60726

Article Metrics

Abstract views : 2263 | views : 3519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2655-9846 (Online)


-BB's WebStat