Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk Seleksi Proposal Penelitian Hibah Bersaing (Studi Kasus: UPT P2M Politeknik Negeri Malang)



Rudy Ariyanto(1*), Azhari Azhari(2)

(1) Politeknik Negeri Malang
(2) UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang (Polinema) adalah unit yang berfungsi menyelenggarakan Penelitian Hibah Bersaing (PHB) secara mandiri. Tahapan pelaksanaan didalam pengelolaan PHB meliputi selektif administratif dan penilaian proposal oleh tim evaluator yang telah tersertifikasi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Pendikan Tinggi (Dikti). Keterbatasan UPT P2M Polinema adalah belum tersedianya tim evaluator yang diakui oleh Dikti sehingga membutuhkan model evaluasi yang dapat menghilangkan keterbasan waktu, lokasi serta dapat mengkolaborasikan hasil penilaian tim evaluator.
Sistem Pendukung Keputusan Kelompok sebagai solusi permasalahan yang dihadapai oleh UPT P2M Polinema dikembangkan menggunakan metode Fuzzy AHP (FAHP) dan Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM). Metode FAHP diterapkan dalam pemilihan dan penentuan bobot kriteria, sementara FMCDM digunakan dalam penilaian proposal, sintesa bobot dengan nilai proposal untuk setiap kriteria serta penentuan peringkat proposal.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem pengambilan keputusan dengan menggunakan metode FAHP, dan FMCDM terbukti dapat menghasilkan peringkat alternatif dan kepastian diterima atau ditolaknya proposal PHB yang diajukan oleh peneliti.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan Kelompok; FAHP; FMCDM

Full Text:

Full Text PDF




Article Metrics

Abstract views : 271 | views : 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.