Pemanfaatan Basis Data Mobile dan Teknik Sinkronisasi dalam Model Pembelajaran Mobile



Annisa Dwi Anggraini(1*), Azhari Azhari(2)

(1) UGM
(2) UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Learning Management System (LMS) merupakan media pembelajaran yang memiliki keterbatasan dalam mengaksesnya dan tergantung pada ketersediaan koneksi internet dan perangkat desktop yang. Untuk itu, diperlukan upaya membangun aplikasi yang khusus untuk perangkat mobile sehingga LMS dapat diakses melalui perangkat mobile dan tidak selalu harus terhubung ke internet.
Pengembangan aplikasi perangkat mobile yang dapat mengakses LMS pada sisi server dan mereplikasi data dilakukan melalui middleware untuk menyinkronkan data berdasarkan teknik sinkronisasi SyncML. Data yang telah disinkronisasikan disimpan dalam database lokal SQLite yang telah terintegrasi dalam aplikasi. Proses sinkronisasi dan ketersediaan database mobile memungkinkan aplikasi dapat diakses secara online atau offline tanpa harus koneksi ke internet.
Hasil pengujian aplikasi pada berbagai perangkat mobile memberikan kesimpulan di mana spesifikasi yang lebih tinggi perangkat mobile yang digunakan, semakin sedikit waktu untuk melakukan sinkronisasi data. Selain itu, kebutuhan untuk sinkronisasi data juga tergantung pada ukuran data di mana semakin besar ukuran data yang akan disinkronisasi, maka semakin lama waktu untuk menyelesaikan proses sinkronisasi data.


Keywords


mobile application; synchronization; SyncML; local database

Full Text:

Full Text PDF




Article Metrics

Abstract views : 1486 | views : 1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.