Perbandingan Ekstraksi Ciri Full, Blocks, dan Row Mean Spectrogram Image dalam Mengidentifikasi Pembicara



La Ode Hasnuddin S Sagala(1*), Agus Harjoko(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada sebuah sistem identifikasi pembicara, pemilihan metode ekstraksi ciri dan ukuran ciri yang digunakan mempengaruhi tingkat keakuratan identifikasi. Berkaitan dengan hal itu, dalam penelitian ini akan dijabarkan perbandingan tiga metode ekstraksi ciri CBIR yaitu row mean image, full image, dan blocks image. Ketiga metode tersebut digunakan untuk mengidentifikasi pembicara dengan menitikberatkan pada ukuran selection feature vector yang digunakan.
Data suara diperoleh dari rekaman suara menggunakan handphone. Rekaman suara berasal dari 10 orang narasumber dengan rincian 5 pria dan 5 wanita. Setiap narasumber mengucapkan lima buah kalimat yaitu Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore, Selamat Malam, dan Dengan Siapa serta diulangi delapan kali tiap kalimat. Rekaman suara yang digunakan terlebih dahulu dikonversi menjadi image spectrogram menggunakan STFT. Spectrogram yang terbentuk kemudian diteruskan ke kekre transform lalu diekstraksi cirinya. Penggunaan kekre transform bertujuan untuk menyeleksi dan mengambil kemungkinan-kemungkinan ciri yang optimal serta juga meringankan proses komputasi.
Menggunakan data reference 250 image spectrogram dan data testing 150 image spectrogram memberikan hasil bahwa metode ekstraksi ciri full image memperoleh persentase identifikasi lebih tinggi yaitu 93,3% dengan ukuran fitur 32x32.
Kata kunci---Identifikasi pembicara, Spektrogram, Transformasi kekre, Full image, Blocks Image, Row mean image


Full Text:

PDF




Article Metrics

Abstract views : 666 | views : 2034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.