Aplikasi untuk Identifikasi Short Message Service (SMS) Spam Berbasis Android



Zaid Romegar Mair(1*), Ahmad Ashari(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan smartphone sebagai salah satu teknologi komunikasi yang murah, mudah dan cepat, sering dimanfaatkan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan melalui SMS. Maraknya penipuan melalui SMS dapat menyebabkan terjadinya kejahatan berupa spamming SMS, sehingga dalam penelitian ini dibangun sebuah sistem tool berbasis web untuk Melakukan identifikasi pada smartphone android dalam pengkategorian spam SMS, yang diimplementasikan dengan menggunakan algoritma Naive Bayessian Filter untuk menentukan nilai probabilitas isi SMS dari smartphone Android Samsung Galaxy Young Kernel NAND.
Metode yang digunakan adalah model proses forensik, yang terdiri dari tahap pemeliharaan, pengumpulan, pemeriksaan, analisis dan pelaporan. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengektrak pesan yang ada dalam memori internal (ROM) dari handphone Android menggunakan tool AFLogical-OSE dengan memilih data SMS yang disimpan dalam /mnt/sdcard/forensics dan kemudian ditransfer ke komputer via kabel data.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pengujian terhadap 65 jenis sms, 43 sms yang diidentifikasi sebagai spam dan 22 sms bukan spam. Analisis data menggunakan pendekatan kata (n-gramar) maka diperoleh hasil yang sebagian besar adalah spam.
Kata kunci: Model Proses Forensik, Naive Bayessian Filter, spam.


Full Text:

PDF




Article Metrics

Abstract views : 1690 | views : 3858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.