Perbandingan Metode Penilaian Sederhana dan Kombinasi SPK-360 Derajat dalam Penilaian Kinerja Petugas Kebersihan



Febriani Sulistiyaningsih(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebersihan di lingkungan RSUD Banyumas merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena RSUD Banyumas merupakan salah satu rumah sakit pemerintah di Kabupaten Banyumas yang menerima rujukan dari berbagai daerah di sekitar kabupaten Banyumas. Penilaian kinerja petugas kebersihan yang dilakukan di RSUD Banyumas perlu dikaji ulang, dikarenakan metode penilaian yang digunakan dirasa kurang tepat dan kurang objektif, sehingga diusulkan penelitian yang membandingkan tiga metode penilaian kinerja petugas kebersihan yang mengkombinasikan metode SPK dan metode 3600.

Perhitungan cara 1 merupakan perhitungan manual yang merupakan perhitungan yang saat ini digunakan di RSUD Banyumas. Sedangkan cara 2 menggunakan metode 3600 untuk menentukan kriteria yang digunakan dan metode AHP untuk menentukan bobot kriteria dan perhitungan hasil akhir. Cara 3 menggunakan metode 3600 untuk menentukan kriteria, metode AHP untuk pembobotan kriteria serta menggunakan TOPSIS untuk menghitung hasil akhir.

Hasil penelitian dan analisis kuesioner menunjukkan bahwa cara 3 yang mengkombinasikan SPK-3600 merupakan cara yang paling tepat dan objektif untuk digunakan di RSUD Banyumas dibandingkan dengan cara sebelumnya berdasarkan pada evaluasi yang dilakukan oleh pihak ISPL di RSUD Banyumas.


Full Text:

PDF




Article Metrics

Abstract views : 1528 | views : 5888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.