BASIS PENGETAHUAN DENGAN MODEL KEPUTUSAN KELOMPOK UNTUK DIAGNOSIS GANGGUAN KEJIWAAN



Sri Kusumadewi(1*), Sri Hartati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Basis pengetahuan merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem pakar. Pengetahuan dalam basis pengetahuan dapat direpresentasikan dalam berbagai cara. Namun sebagian besar basis pengetahuan belum mengakomodasi adanya preferensi dari beberapa pengambil keputusan (group support system).

Pada penelitian ini, pengetahuan dibangun dari preferensi yang diberikan oleh beberapa pengambil keputusan. Pengambil keputusan (pakar) akan berperan dalam memberikan preferensinya terkait dengan diagnosis gangguan kejiwaan. Preferensi diberikan baik terhadap fitur (gejala atau tanda) dalam kondisi tertentu, maupun terhadap gangguan dalam kondisi tertentu. Pada penelitian ini, telah terkumpul sebanyak 124 fitur dan 30 gangguan. Preferensi terhadap fitur yang relevan dalam suatu kondisi, diberikan oleh pengambil keputusan dalam format utility vector. Pada penelitian ini, telah terkumpul sebanyak 105 kondisi. Sedangkan preferensi terhadap gangguan yang terpengaruh dalam suatu kondisi, diberikan oleh pengambil keputusan dalam format selected subset vector. Transformasi masing-masing vektor ke dalam bentuk matriks relasi preferensi fuzzy dilakukan dalam rangka mendukung proses komposisi antar preferensi (agregasi). Operator Ordered Weighted Averaging (OWA) digunakan untuk melakukan proses agregasi tersebut. Operator Quantifier Guided Dominance Degree (QGDD) digunakan untuk melakukan proses eksploitasi dalam rangka mendapatkan fitur yang relevan, dan alternatif gangguan yang paling terpengaruh. Nilai rata-rata hasil eksploitasi dipilih sebagai nilai threshold untuk menetapkan fitur dan gangguan yang relevan tersebut.

Hasil penelitian mendapatkan basis pengetahuan yang direpresentasikan dalam bentuk IF – THEN dengan jumlah pengetahuan sebanyak 635 pengetahuan.

Kata kunci: preferensi, fuzzy MADM, pakar.


Full Text:

PDF




Article Metrics

Abstract views : 762 | views : 3949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.