Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Terhadap Kualitas Layanan Pustakawan
Anton Risparyanto(1*)
(1) Universitas Islam Indonesia Library
(*) Corresponding Author
Abstract
This research aims to know the influense of motivation and competence on the quality of librarian services alone (partial) l and together (stimulan). The research location at Directorate of Library of Islamic University of Indonesia. The data collected is the primary data with the number of samples of 29 respondents. Quantitative data is presented in tabular form and analyzed by using multiple regression path analysis statistic. The results of this study show that; (1) the influence of motivation on librarian service quality is not significant with relative contribution of 12.5%; (2) the influence of the competence on the quality of librarian services is significant with the relative contribution of 74.5%; And (2) together the influence of motivation and competence on librarian service quality significantly with effective contribution of 84.2%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajis. (2008). Pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan penerbitan KK dan KTP di Kecamatan Karimun (Studi Kelembagaan Siak). Tesis, Jakarta:. Program Studi Magister Administrasi Publik Universitas Terbuka, diakses pada tanggal 4-4-2014 dari www .pustaka.ut.ac.id/.../index.php.
Assiri, Annis (2015) Pengaruh Kompetensi, Motivasi terhadap Kinerja Pegawai UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin diakses 12-10-2015 dari http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/14982
Daryono. (2010). Kompetensi Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi, ”Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat
Membaca”. Vol.26 No.2, Juli-Desember.
Herdian Dito, Anok ( 2010), Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Slamet Langgeng Purbalingga Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Diakses 4-8-2016 dari https://core.ac.uk/download/files/379/11722267.
Hermawan, Rachman & Zen Zulfikar. (2006), Etika Kepustakawanan. Sagung Seto, Jakarta.
Kartikasari, Diyah. (2012). Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kinerja Perpustakaan di Upt Perpustakan Universitas Negeri Semarang, Semarang., “ ejournal Vol 1, No 1(2012)”.: Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro ( UNDIP ), Semarang. Diakses tanggal 8-10-2015 dari http://ejournal-s1.undip.ac.id.
Kismiyati, Titiek (2011), Kesiapan Sertifikasi Pustakawan. Diakses tanggal 9-10-2015 dari https://ipijogja.files.wordpress.com
Lasa, Hs. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Pustaka Book Publisher. Yogyakarta.
Maslow, Abraham H. (1994). Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia).
Pamungkas, Lucky Dewi, dkk (2015) Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Perpustakaan Universitas Brawijaya), “Jurnal Administrasi Publik (JAP)”. Vol. 3, No. 5, Hal. 739-744, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang. Diakses tanggal 6-10-2015 dari http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id
Samosir, Jhon Hermanto (2006). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Perawat Terhadap Pelaksanaan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Tesis, Yogyakarta: Duta Wacana Christian University, diakses pada tanggal 4-4-2015 dari http://sinta.ukdw.ac.id.
Sampe, Maria Lobon. (2014), Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pustakawan Universitas Hasanuddin, diakses pada tanggal 2-3-2015 dari http://repository.unhas.ac.id/Discover,
Supriyanto. (2001). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Dosen Terhadap Kualitas Layanan Kepada Mahasiswa Jurnal Manajemen Bisnis, 66. Volume 16. No. 01. Ed. April 2011. Ejournal.umm.ac.id/. Diunduh tanggal 23-2-1025.
Tjiptono, Fandy. (2003). Prinsip-Prinsip Total Quality Service: -ed. V, Andi. Yogyakarta.
Undang-Uudang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
Tritawirasta, Wiratna. (2010). Strategi Pembinaan Pustakawan Dalam Pengelolaan Perpustakaan Elektronik: Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 10 No. 1 (2010). http://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view. Diunduh pada tanggal 2-4-2015.
DOI: https://doi.org/10.22146/bip.26202
Article Metrics
Abstract views : 10965 | views : 8667Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.