MOTIVASI PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM PENULISAN ARTIKEL YANG DIPUBLIKASIKAN MEDIA CETAK

https://doi.org/10.22146/bip.8268

Erni Susilowati(1*)

(1) Perpustakaan UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Pustakawan memiliki peluang yang besar untukmenulis di media cetak sebab mereka memiliki kedekatan dan kemudahan dalam memperoleh sumber-sumber informasi yang diperlukan. Namun demikian, pustakawan sangat sedikit memberikan kontribusi dalam penulisan di media cetak. Salah satu sebabnya adalah minimnya penguasaan keterampilan menulis serta rendahnya motivasi sebagai pemacu kemampuan diri pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi yang mendorong pustakawan untuk menulis artikel yang dipublikasikan lewat media cetak. Selain itu untuk mengetahui motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang mendorong pustakawan untuk menulis artikel di media cetak. Motivasi pustakawan dalam menulis artikel juga dilihat dari tingkat pendidikan, pengalaman kerja, usia, jenis kelamin dan keikutsertaan dalam pelatihan kepenulisan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pustakawan 3 perguruan tinggi negeri di DIY, yaitu UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sampel ditentukan secara area random sampling dari ketiga perguruan tinggi yang ada. Data yang diperlukan didapat dengan metode: (1) angket untuk pustakawan sampel, (2) wawancara kepada 5 orang pustakawan senior, dan (3) studi pustaka untuk melengkapi data penelitian.

Simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Motivasi paling kuat yang melatarbelakangi pustakawan dalam menulis artikel di media cetak adalah motivasi angka kredit, dengan skor 3,81. (2) Motivasi intrinsik lebih besar pengaruhnya daripada motivasi ekstrinsik dalam mendorong pustakawan untuk menulis artikel di media cetak. (3) Hal yang mempengaruhi motivasi pustakawan untuk menulis artikel di media cetak adalah jenjang kepustakawanan, tingkat pendidikan, dan keikutsertaan dalam pelatihan teknik penulisan. (4) Hal yang kurang mempengaruhi motivasi pustakawan untuk menulis artikel di media cetak, antara lain usia, jenis kelamin, dan lamanya bekerja di perpustakaan.

Kata kunci: Motivasi, pustakawan, menulis

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bip.8268

Article Metrics

Abstract views : 908 | views : 821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.