PERAN PEREMPUAN PADA SEKTOR JASA PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA
Yuli Hesti Wahyuningsih(1*), Tafrikhuddin Tafrikhuddin(2)
(1) Perpustakaan UGM
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perpustakaan merupakan komponen penunjang yang penting dalam proses pendidikan tinggi. Salah satu aspek yang sangat berperan terhadap pelayanan perpustakaan adalah aspek SDM balk secara kualitas maupun kuantitas. Perempuan merupakan bagian dari SDM yang patut diperhitungkan mengingat
kesempatan mereka untuk berperan terhadap berbagai bidang semakin luas termasuk peran dalam bidang pelayanan perpustakaan. Perpustakaan UGM secara kuantitas memiliki pegawai perempuan yang cukup besar. Permasalahannya, belum diketahui bagaimana peran mereka pada sektor jasa pelayanan perpustakaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut, dan diharapkan bermanfaat untuk memberikan sumbangan pemikiran pada sektor jasa pelayanan perpustakaan, terutama peningkatan peran perempuan pada sektor jasa pelayanan perpustakaan yang profesional. Permasalahan tersebut dikupas
dengan mempergunakan metoda kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan diolah melalui tahap reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa peran perempuan dalam jasa pelayanan perpustakaan antara lain dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu tanggapan perempuan yang terdiri dari persepsi dan motivasi, serta sikap; partisipasi; dan kompetensi. Sejauh ini peran perempuan lebih dominan pada bidang pelayanan yang langsung berhadapan dengan pengguna berkaitan dengan sifat perempuan yang ramah, terampil, dan rajin. Perpustakaan UGM memberikan peluang yang sama bagi perempuan untuk memberikan peranannya.
Kata Kunci : Peran Perempuan, Motivasi, Partisipasi, Kompetensi.
kesempatan mereka untuk berperan terhadap berbagai bidang semakin luas termasuk peran dalam bidang pelayanan perpustakaan. Perpustakaan UGM secara kuantitas memiliki pegawai perempuan yang cukup besar. Permasalahannya, belum diketahui bagaimana peran mereka pada sektor jasa pelayanan perpustakaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut, dan diharapkan bermanfaat untuk memberikan sumbangan pemikiran pada sektor jasa pelayanan perpustakaan, terutama peningkatan peran perempuan pada sektor jasa pelayanan perpustakaan yang profesional. Permasalahan tersebut dikupas
dengan mempergunakan metoda kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan diolah melalui tahap reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa peran perempuan dalam jasa pelayanan perpustakaan antara lain dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu tanggapan perempuan yang terdiri dari persepsi dan motivasi, serta sikap; partisipasi; dan kompetensi. Sejauh ini peran perempuan lebih dominan pada bidang pelayanan yang langsung berhadapan dengan pengguna berkaitan dengan sifat perempuan yang ramah, terampil, dan rajin. Perpustakaan UGM memberikan peluang yang sama bagi perempuan untuk memberikan peranannya.
Kata Kunci : Peran Perempuan, Motivasi, Partisipasi, Kompetensi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/bip.8282
Article Metrics
Abstract views : 2145 | views : 3308Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.