MOTIVASI MAHASISWA MENJADI ANGGOTA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

https://doi.org/10.22146/bip.8288

Rini Iswandari(1*)

(1) Perpustakaan UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada dasarnya perpustakaan adalah perpaduan antara manusia, tempat, dan informasi. Perpustakaan UGM merupakan sumber informasi guna menunjang terlaksanya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi apa yang mendorong mahasiswa menjadi anggota Perpustalcaan UGM.
Penelitian dilaltukan di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Gedung Unit II Sekip, pada bagian layanan Kartu Anggota Perpustakaaan. Pada tahun 2006, terdapat 1.674 orang mahasiswa tercatat sebagai anggota perpustakaan. Sampel yang diambil sebanyak 200 orang dengan metode aksidental. Jenis penelitian adalah survei dengan pendekatan deslcriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, uji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach, dan uji hipotesis menggunakan analisis Anova. Analisis data menggunakan Program SP SS versi 12 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi mahasiswa untuk menjadi anggota Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, yaitu motivasi ektrinsik dan motivasi intrinsik, motivasi mahasiswa positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 33,303 dan signifikansi 0,05, sedangkan nilai value atau tingkat signifikansi 0,000 ( lebih kecil dari 0,05 atau 5%). Disamping itu terdapat penilaian kurang baik dari mahasiswa yaitu pada aspek promosi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat direkomendasikan kepada perpustakaan supaya lebih meningkatkan kualitas layanan dan promosinya, sehingga dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menjadi anggota perpustakaan.

Kata kunci: Perpustakaan UGM; motivasi; anggota perpustakaan.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bip.8288

Article Metrics

Abstract views : 833 | views : 1177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.