MANAJEMEN PUBLIKASI HASIL PENELITIAN PADA PUSAT STUDI UNIVERSITAS GADJAH MADA

https://doi.org/10.22146/bip.8289

Sunarno Sunarno(1*)

(1) Perpustakaan UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Manajemen publikasi hasil penelitian Pusat Studi di Universitas Gadjah Mada merupakan kegiatan dalam melaksankan fungsi-fungsi; perencanaan, pengorganisasian, pengkordinasian, pengelolaan personalia, dan pengawasan dalam kegiatan desirninasi publikasi terhadap basil penelitian pusat studi. Kegiatan publikasi berfungsi sebagai sarana komunikasi antara para peneliti dengan masyarakat pengguna, civitas akademika maupun masyarakat umum. Secara fisik bentuk publikasi hasil penelitian dapat berbentuk: Jumal Ilmiah, Buku Monograf, Prosiding Seminar Hasil Penelitian, Buku Refensi, dan hasil penelitian yang didesiminasikan secara digital, diterbitkan dalam majalah ilmiah tingkat nasional dan tingkat intemasional.

Indikator keberhasilan manajemen publikasi hasil penelitian pada pusat studi pada dasamya ditunjukkan oleh besamya kontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Indikator yang disebutkan ini sulit untuk mengukur keberhasilan, sehingga diperlukan indikator terukur yang mudah, dievaluasi dan dikembangkan pada masa yang akan datang. 1ndikator-indikator keberhasilan publikasi hasil peneltian pada pusat studi dapat disebutkan: 1) jumlah publikasi dalam bentuk jurnal, prosiding seminar hasil penelitian, buku monograf, buku hasil penitian, hasil penelitian yang didesminasikan secara digital, diterbitkan dalam majalan ilmiah; 2) tingkat akreditasi jumal yang dikelola pusat studi; 3) jumlah publikasi ilmiah pusat studi yang dimanfaatkan oleh masyarkat pengguna, dan 4) tingkat tanggapan atas pemanfaatan publikasi Keberhasilan manajemen publikasi hasil penelitian pada pusat studi tidak hanya dimaknai sebagai penyokong terhadap kontribusinya bagi tercapainya misi universitas sebagai universitas riset, tetapi lebih dari itu dimaksudkan untuk pemanfaatan bagi masyarakat. Pemegang manajemen pada tingkat pusat studi temyata mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menentukan kebijakan dalam pencapaian kerberhasilan publikasi hasil penelitian. Setiap pusat studi mempunyai keberagaman dalam mengelola penyelenggaraan publikasi ilmiah, sehingga menghasilan kualitas publikasi ilmiah yang berbeda pula. Cara tepat untuk mengelola publikasi hasil penelitian adalah dengan cara-cara yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan fungsifungsi manajemen yang berlaku.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pusat studi telah melalukan publikasi hasil penelitian dengan standar sedang, hanya sebagian kecil pusat studi yang telah melakukan publikasi hasil penelitian dengan standar baik. Kondisi ini akan terus berubah seiring dengan perkembangan kebijakan IPTEKS dan didukung oleh kebij akan universitas.

Kata Kunci : Management, Research Publication

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bip.8289

Article Metrics

Abstract views : 2737 | views : 1518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.