MOTIVASI MAHASISWA MEMANFAATKAN FASILITAS PERPUSTAKAAN FAKULTAS STUDI KOMPARATIF ANTARA MAHASISWA DI FAKULTAS EKSAKTA DAN NON EKSAKTA

https://doi.org/10.22146/bip.8292

Wiyarsih Wiyarsih(1*)

(1) Perpustakaan UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan perpustakaan perguruan tinggi adalah mendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu memfasilitasi program pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Kualitas perpustakaan perguruan tinggi menjadi salah satu indikator mutu pendidikan di perguruan tinggi. Kondisi perpustakaan di UGM pada umumnya belum dapat memberi layanan yang bennutu. Di samping itu terjadi fenomena adanya penurunan pemustaka yang memanfaatkan perpustakaan dari tahun ke tahun. Untuk itu penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana motivasi mahasiswa memanfaatkan perpustakaan fakultas dan faktor faktorapa yang mempengaruhinya. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan studi komparatif antara mahasiswa fakultas eksakta dan non eksakta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitan ini adalah para mahasiswa anggota perpustakaan dan penanggung jawab Perpustakaan Fakultas Teknik UGM dan Fisipol UGM. Data yang terkumpul melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dianalisis secara kualitatif. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga elemen motivasi yaitu kebutuhan, dorongan, dan tujuan, sebagian besar informan baik dari Fakultas Teknik UGM maupun Fisipol UGM dalam memanfaatkan perpustakaan fakultas mempunyai nAch. tinggi. Sebagian besar informan memanfaatkan perpustakaan karena kebutuhan meningkatkan prestasi. Sebagian besar informan memanfaatkan perpustakaan karena mendapat dorongan dari did sendiri, dosen, dan teman. Sebagian besar informan berpendapat bahwa pemanfaatan perpustakaan berpengaruh terhadap IP, tetapi tinggi rendahnya IP tidak mempengaruhi sebagian besar informan dalam memanfaatkan perpustakaan.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua faktor-faktor penting dari perpustakaan seperti koleksi, sarana prasarana dan layanan perpustakaan mempengaruhi motivasi mahasiswa memanfaatkan perpustakaan fakultas. Sebagian besar informan dari Fakultas Teknik UGM berpendapat bahwa jumlah buku sudah memadai dan sesuai dengan kebutuhan, sarana prasarana cukup memadai dan menilai positif terhadap layanan yang meliputi petugas, waktu layanan, tata tertib, dan situasi kondisi perpustakaan. Semua faktor tersebut telah memperkuat motivasi para informan memanfaatkan perpustakaan fakultas. Sebagian besar informan dari Fisipol UGM berpendapat bahwa koleksi perpustakaan fakultas sudah berkualitas sehingga dapat memperkuat motivasi mahasiswa memanfaatkan perpustakaan. Dalam hal sarana prasarana, sebagian besar informan mengatakan bahwa sarana prasarana masih dirasa kurang sehingga belum memperkuat motivasi mahasiswa memanfaatkan perpustakaan. Dan faktor layanan, yang memperkuat motivasi sebagian besar informan adalah dari segi petugas, tata tertib, dan yang belum memperkuat motivasi mahasiswa adalah dari segi waktu layanan dan situasi kondisi perpustakaan. Dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor faktordari luar perpustakaan yaitu dosen, teman, din sendiri dan orang tua mahasiswa, ternyata yang paling mempengaruhi para informan dari Fakultas Teknik UGM dalam memanfaatkan perpustakaan adalah faktor din sendiri dan dosen, kemudian baru teman dan akhirnya orang tua mahasiswa. Di Fisipol UGM, yang paling mempengaruhi sebagian besar informan memanfaatkan perpustakaan adalah dosen, kemudian dari did sendiri, dan teman, sedangkan faktor orang tua tidak begitu mempengaruhi. Dengan demikian faktor did sendiri, dosen dan teman mempunyai pengaruh yang besar kepada mahasisiswa dalam memanfaatkan perpustakaan. Di antara ketiga faktor tersebut, dosen yang paling mempengaruhi para informan baik dari Fakultas Teknik UGM maupun Fisipol UGM, sehingga dosen berperan penting dalam mendorong para mahasiswa memanfaatkan perpustakaan.

Kata kunci: motivasi, mahasiswa, pemanfaatan, perpustakaan

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bip.8292

Article Metrics

Abstract views : 865 | views : 4417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.