Efektivitas sekolah kader protector Jaten terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader remaja di dusun Jaten, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/bkm.40603

Beauty Octavia(1*), Ifa Najiyati(2), Yana Yulyana(3)

(1) "Gadjah Mada University"
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Berdasarkan data Community and Family Health Care (CFHC) FKKMK UGM tahun 2018, sebanyak 32,6% keluarga di Jaten memiliki anggota keluarga yang menderita hipertensi. Salah satu upaya pengendalian PTM dilakukan dengan pembentukkan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM. Posbindu PTM di Dusun Jaten telah dibentuk sejak bulan April 2018 namun partisipasi remaja dalam pelaksanaan kegiatan tersebut masih rendah. Dirancang “PROTECTOR JATEN” (Program Deteksi Dini dan Cegah Penyakit oleh Remaja Jaten) untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan remaja yang dimulai dengan pembentukan kader remaja dan dilanjutkan dengan kegiatan Sekolah Kader untuk membekali kader remaja pengetahuan dan keterampilan.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader remaja di dusun Jaten mengenai sistem lima meja dalam pelaksanaan Posbindu PTM.Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode mixed method. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan one group pretest posttest design kepada 11 orang kader remaja. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan wawancara semi struktural terhadap 5 orang kader remaja yang dipilih secara acak.Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan tentang PTM dan pelaksanaan Posbindu PTM yang signifikan setelah dilakukan Sekolah Kader (p= 0,003) dengan nilai rata-rata pretest 6,646 dan nilai rata-rata posttest 8,573. Terdapat peningkatan keterampilan kader remaja dalam melaksanakan sistem lima meja Posbindu PTM yang dinilai dengan observasi langsung pada saat pendampingan kegiatan Posbindu PTM. Kesimpulan: Kegiatan Sekolah Kader dapat meningkatkan pengetahuan kader remaja mengenai PTM dan pelaksanaan Posbindu PTM; Kegiatan Sekolah Kader dapat meningkatkan keterampilan kader remaja dalam melaksanakan pemeriksaan dalam pelaksanaan Posbindu PTM.


Keywords


Posbindu PTM; kader remaja; pengetahuan; keterampilan



References

  1. Creswell, J.W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Sage Publications. California. Hal. 228-230, 269-271.
  2. Kementerian Kesehatan RI. 2002. Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Jakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.40603

Article Metrics

Abstract views : 920 | views : 736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter