Pola pencarian informasi perilaku penurunan berat tubuh di indonesia menggunakan google trends

https://doi.org/10.22146/bkm.45171

Ira Dewi Ramadhani(1*), Lutfan Lazuardi(2), Leny Latifah(3)

(1) Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(3) Balai Litbang Gaky Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan: Mengetahui potensi penggunaan Google Trends sebagai sumber data yang dapat mencerminkan perilaku terkait penurunan berat tubuh di Indonesia.

Metode: Peneliti menganalisis data Google Trends tahun 2014  hingga 2018 di Indonesia. Kata kunci utama yang digunakan untuk memperoleh data time series adalah “berat badan”. Selanjutnya 5 kata kunci yang terkait penurunan berat tubuh dengan RSV(Relative Search Volume) tertinggi dianalisis menggunakan line chart, moving average dan uji korelasi Pearson. Satu kata kunci dengan RSV tertinggi dilihat tingkat pencarian informasinya pada level provinsi.

Hasil: Kata kunci terkait penurunan berat tubuh dengan RSV tertinggi secara berurutan adalah “berat ideal”, “berat badan”, “diet”, “cara kurus” dan “fitnes”. Terdapat kemiripan pola time series diantara kata kunci tersebut serta menunjukkan adanya hubungan. Hubungan yang kuat ditemukan pada kata kunci “berat badan” dan “diet” (r=0,8012). Pencarian informasi tertinggi menggunakan kata kunci “berat ideal” berada pada Provinsi Kalimantan Utara, sedangkan terendah pada Provinsi Sulawesi Barat.

Kesimpulan: Google Trends berpotensi dalam membantu tenaga kesehatan khususnya ahli gizi dalam update pengetahuan terkait minat masyarakat Indonesia pada penurunan berat tubuh, bahkan pada tingkat daerah. Penyebaran informasi terkait penurunan berat tubuh yang benar dengan media online sangat dibutuhkan agar lebih efektif dan efisien untuk meluruskan kesimpangsiuran informasi.


Keywords


penurunan berat tubuh; pola pencarian informasi; google trends




DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45171

Article Metrics

Abstract views : 1264 | views : 1720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter