Sistem pendukung keputusan tindakan pencegahan kejadian luar biasa penyakit di wilayah provinsi kepulauan Bangka Belitung

https://doi.org/10.22146/bkm.45182

Fikry Pratama(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Undang-undang No. 4 tahun 1984 mengenai Wabah Penyakit Menular serta PP No. 40 tahun 1991 tentang Penanggulangan Penyakit Menular mengatur agar setiap wabah penyakit menular atau situasi yang dapat mengarah ke wabah penyakit menular (Kejadian luar biasa – KLB) harus ditangani sedini mungkin. KLB penyakit adalah status yang mengklasifikasikan peristiwa meningkatnya jumlah penderita suatu penyakit pada satu wilayah tertentu dalam satu rentang waktu. Keputusan yang diambil dalam penanganan KLB penyakit dilakukan dengan memberikan respon yang lebih cepat untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih besar sehingga dapat menekan jumlah penderita serta membatasi penyebaran penyakit pada daerah tersebut. Tahapan preventif dapat dilalui dengan penyusunan rencana kegitan untuk menghadapi kemungkinan KLB. Upaya pencegahan dilakukan melalui perbaikan faktor risiko, penanggulangan penyakit dari sumber penularan, pemutusan mata rantai penularan penyakit, peningkatan kerentanan sekelompok masyarakat berdasar ciri epidemiologi serta memperkuat sistem pelayanan kesehatan. Sistem Pendukung Keputusan dibangun dengan menerapkan metode CBR (Case Based Reasoning) untuk menghasilkan peringatan dan rekomendasi tindakan pencegahan terhadap KLB, dimana metode ini mengkalkulasikan solusi terhadap kasus-kasus yang telah terjadi dengan mengukur tingkat kemiripan dengan kasus yang sedang terjadi. Konsep dari metode cased based reasoning ditemukan dari ide untuk menggunakan pengalaman-pengalaman yang terdokumentasi untuk menemukan solusi terhadap masalah yang sedang terjadi. Dalam pelaksanaannya terdapat empat langkah proses pada metode CBR, antara lain : retrieve, reuse, revise dan retain. Sistem dapat menyediakan peringatan dini pada daerah kabupaten dengan menggambarkan karakteristik KLB penyakit berdasarkan kriteria variabel waktu, tempat dan orang.

Keywords


sistem pendukung keputusan; KLB; CBR



References

Muktiadi, R. and Kusumadewi, S. (2018) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Tindakan Preventif untuk Daerah dengan Kejadian Luar Biasa Penyakit di Kabupaten Banyumas’, JUITA : Jurnal Informatika, 6(1), p. 45. Sumunar, D. P. S., 2015, “Pemanfaatan Citra Quickbird Untuk Penyusunan Model Spasial Ekologi Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa Penyakit Demam Berdarah Dengue (Dengue Hemorrhagic Fever) Kasus Di Permukiman Kota Yogyakarta”, Disertasi, Program Pascasarjana Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Hastuti, N. M., 2014, “Manajemen Surveilans Epidemiologi Penyakit Potensi Kejadian Luar Biasa (KLB) Di Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar Tahun 2014”, Artikel Publikasi Ilmiah, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Wicaksono, B. S., Romadhony, A., dan Sulistiyo, M. D., 2014, “Analisis dan Implementasi Sistem Pendiagnosis Penyakit Tuberculosis Menggunakan Metode Case-Based Reasoning”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), ISSN: 1907 – 5022, 21 Januari 2014, halaman B22-B28. Rismawan, T., dan Hartati, S., 2012, “Case-Based Reasoning untuk Diagnosa Penyakit THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan)”, IJCCS, ISSN: 1978-1520, Vol.6, No.2, Juli 2012, halaman 67-78. Masrochah, S. 2006, “Sistem Informasi Surveilans Epidemiologi Sebagai Pendukung Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit Di Dinas Kesehatan Kota Semarang”, Tesis, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang UU No 4 Tahun 1984 - Wabah Penyakit Menular’ (1984). PP No. 40 Tahun 1991 tentang Penanggulangan Wabah Penyakit Menular (1991). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1501/MENKES/PER/X/2010 Tahun 2010, “Jenis Penyakit Menular Tertentu Yang Dapat Menimbulkan Wabah Dan Upaya Penanggulangan”, 12 Oktober 2010, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 503, Jakarta. Kementrian Kesehatan RI (2011) Buku pedoman penyelidikan dan penangulangan kejadian luar biasa.



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45182

Article Metrics

Abstract views : 1442 | views : 719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter