Reliabilitas dan validitas backward digit span test dalam screening gangguan atensi anak sekolah dasar

https://doi.org/10.22146/bns.v18i2.54992

Wahyu Dwi Hantoro(1), Cempaka Thusina Srie Setyaningrum(2*), Pernodjo Dahlan(3)

(1) KSM Saraf RSI Jakarta Cempaka Putih, Jakarta
(2) Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(3) Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Gangguan atensi merupakan masalah psikologis anak yang banyak terjadi saat ini, akan tetapi terdapat kesulitan tersendiri untuk menentukan seorang anak mengalami gangguan atensi. Gangguan atensi memberikan efek pada kehidupan seorang anak, sehingga dibutuhkan ketelitian dalam pengenalan gejala, pengamatan perilaku sehari-hari, serta penggunaan alat penilaian fungsi atensi anak. Pengenalan secara dini gangguan atensi pada anak berdampak pada penanganan awal gangguan agar diperoleh prognosis yang lebih baik ke depannya.

Dalam pengenalan gejala gangguan atensi anak dapat digunakan alat uji sederhana backward digit span test dan stroop test. Stroop test sebagai pemeriksaan baku emas gangguan atensi anak  sebelumnya belum pernah dibandingkan reliabilitas dan validitasnya dengan pemeriksaan backward digit span test yang lebih  mudah dan sederhana.

Rancangan penelitian ini adalah uji diagnostik dengan menggunakan desain cross-sectional dengan membandingkan reliabilitas dan validitas hasil pemeriksaan backward digit span test terhadap stroop test sebagai pemeriksaan baku emas sejumlah anak Sekolah Dasar (SD) di wilayah Yogyakarta. Reliabilitas pemeriksaan  backward digit span test dilakukan dengan menilai koefisien Cronbach’s alpha dan intraclass correlation coefficient (ICC) sedang validitas dihitung dinilai dengan menggunakan tabel uji diagnostik 2x2 untuk menilai sensitivitas dan spesifisitas, serta perhitungan Kappa terhadap pemeriksaan standar baku emas.


Keywords


gangguan atensi; sekolah dasar; backward digit span test



References

1.Judarwanto W. Deteksi Dini dan Intervensi Sejak Dini Gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) pada Anak. 2006. Available from: https://childrenantibiotic.wordpress.com/2009/08/02/deteksi-dan-intervensi-sejak-dini-gangguan-adhd-pada-anak.

2.Nurifah. Prestasi Akademik Anak Usia Sekolah Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Hiperaktivitas (GPPH) Dibandingkan Anak Bukan GPPH di Sekolah Dasar Cawang Jakarta Timur. Jakarta: Department of Child Health University of Indonesia Medical School Cipto Mangunkusumo Hospital; 2011.

3.Saputro D. Gangguan Hiperkinetik Pada Anak di DKI Jakarta: Penyusunan Instrumen Diagnosis Baru, Penentuan Prevalensi, Penelitian Patofisiologi dan Upaya Terapi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2004.

4.Lamers MJ. Selective Attention And Response Set In The Stroop Task. Memory & Cognition. 2010;38(7):893–904.

5.Flanagan DP & Kaufman AS. Essentials of WISC-IV Assessment. NJ: John Wiley and Sons Inc. 2009;2:2-51.

6.Aswin. Metodologi Penelitian Kedokteran. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; 2001.

7.Bledowski C, Kadosh KC, Wibral M. Mental Chronometry of Working Memory Retrieval: A Combined Functional Magnetic Resonance Imaging and Event-Related Potentials Approach, J. Neurosci. 2006;26;3:82.

8.Braaten EB and Norman D. Intelligence (IQ) testing. Pediatrics in review. 2006;27:403-408.

9.King JA, Colla M, Brass M, Heuser I, and von Cramon DY. Inefficient cognitive control in adult ADHD: evidence from trial-by-trial Stroop test and cued task switching performance Behavioral and Brain Functions. 2007;3:42.

10.Milham M. Practice-related Effects Demonstrate Complementary Roles Of Anterior Cingulate And Prefrontal Cortices In Attentional Control. NeuroImage. 2003;18(2):483–493.

11.Banich M. fMRI Studies of Stroop Tasks Reveal Unique Roles of Anterior and Posterior Brain Systems in Attentional Selection. Journal of Cognitive Neuroscience. 2000;12(6):988–1000.



DOI: https://doi.org/10.22146/bns.v18i2.54992

Article Metrics

Abstract views : 7338 | views : 6966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Berkala NeuroSains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.