Kontribusi Hasil Penelitian Arkeologi dalam Program “Kebhinekaan Sebagai Pemersatu Bangsa” : “Studi Kasus Pada Situs Kubur Prasejarah di Pantai Utara Jawa Tengah”

https://doi.org/10.22146/jdu.16816

Dwi Anita Rochma(1*)

(1) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Akhir-akhir ini, merosotnya pemahaman tentang jatidiri dan ideologi bangsa seperti Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika menjadi isu sentral bangsa Indonesia yang harus kita selesaikan bersama. Kebhinekaan suku, agama, ras, dan adat istiadat yang dimiliki Bangsa Indonesia telah dirasakan dan difahami sejak ribuan tahun yang lalu, yang akhirnya mengkristal pada masa Majapahit. Oleh Mpu Tantular dalam Kakawin Sutasoma pupuh 139 bait ke 5 ditulis bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrwa. Akhirnya, kebhinekaan yang dikemas dalam wadah nasionalisme merupakan kekuatan yang luar biasa sehingga mampu mengusir penjajah. Oleh karena itu kebhinekaan dan keragaman harus tetap dijaga dan dilestarikan. Melalui kajian dan studi masa lalu, arkeologi ikut berperan dalam menjaga dan melestarikan kebhinekaan budaya sebagai pemersatu bangsa.


Keywords


;Kebhinekaan; tinggalan masa lalu; kajian arkeologi pemersatu bangsa

Full Text:

PDF


References

Bellwood, Peter 2006. “Austronesian Prehistory in Southeast Asia: Homeland, Expansion and Transformation”, dalam The Austronesians Historical and Comparative Perspectives (edited by: Peter Bellwood, James J Fox and Darrell Tryon), The National University, E-PRESS.

Cole, Sonia, 1970. The Neolithic Revolution, Trustees of the British Museum London, Fifth Edition, Staples Printers Limited.

Kasnowihardjo, Gunadi, 2013. “Penelitian Kubur Prasejarah di Situs Leran, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Laporan Penelitian Arkeologi, Balai Arkeologi Yogyakarta, (Belum diterbitkan).

Mahsun, 2008. Pemetaan Bahasa-Bahasa Daerah di Indonesia, Makalah ini disampaikan pada Kongres Internasional IX Bahasa Indonesia di Jakarta, 28 Oktober – 1 November 2008. https://pondokbahasa.wordpress.com/2008/12/07/pemetaan-bahasa-bahasa-daerah-di-indonesia/

Noerwidi, Sofwan, 2015. “Assessing Population Affinity using Dental Metric and Non-Metric Traits at the Leran Burial Site, Rembang, Central Java”, paper presented on 15th International Conference of The European Association of Southeast Asian Archaeologists, 6-10 July, 2015, Universite Paris Quest Nanterre La Defense (unpublished).

Widianto, Harry dan Simanjuntak, Truman. 2009. Sangiran Menjawab Dunia, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Edisi Khusus. ISBN:978-602-95255-0-2

Zoetmulder, P.J. 1983, Kalangwan. Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. pp. 415–437. Jakarta: Djambatan



DOI: https://doi.org/10.22146/jdu.16816

Article Metrics

Abstract views : 1714 | views : 4902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Demo UGM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.