| |
| Dublin Core |
PKP Metadata Items |
Metadata for this Document |
| |
| 1. |
Title |
Title of document |
Memotret Peran Keberfungsian Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Remaja yang Diasuh Oleh Ibu Tunggal |
| |
| 2. |
Creator |
Author's name, affiliation, country |
Wanda Erza Widyaswara; Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang; Indonesia |
| |
| 2. |
Creator |
Author's name, affiliation, country |
Latipun Latipun; Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang; Indonesia |
| |
| 2. |
Creator |
Author's name, affiliation, country |
Nandy Agustin Syakarofath; Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang; Indonesia |
| |
| 3. |
Subject |
Discipline(s) |
|
| |
| 3. |
Subject |
Keyword(s) |
Ibu tunggal; keberfungsian keluarga, regulasi emosi, remaja |
| |
| 4. |
Description |
Abstract |
Memasuki usia remaja, kemampuan regulasi emosi sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai stresor yang muncul. Kemampuan meregulasi emosi tersebut menurut berbagai studi sangat bergantung kepada kondisi keluarga dimana remaja tersebut tumbuh dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan keberfungsian keluarga dalam memprediksi regulasi emosi remaja yang dibesarkan oleh ibu tunggal. Terdapat 116 responden (49 laki-laki dan 67 perempuan) yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala The McMaster Family Assessment Device (FAD) untuk mengukur keberfungsian keluarga dan skala Emotion Regulation Questionnaire (ERQ) untuk mengukur regulasi emosi remaja. Berdasarkan analisis regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa aspek keberfungsian keluarga secara signifikan berperan terhadap regulasi emosi pada remaja yang dibesarkan oleh ibu tunggal (p < 0,05 dan R² = 0.12). Berdasarkan analisis regresi linear berganda pada masing-masing aspek FAD, roles (p = 0,04) dan behavior control (p = 0,02) merupakan aspek yang paling signifikan dibandingkan dengan aspek lainnya pada regulasi remaja yang diasuh oleh ibu tunggal. Artinya adanya peran dan kontrol perilaku dari ibu dapat membantu remaja untuk belajar mengelola emosi mereka dengan lebih baik. |
| |
| 5. |
Publisher |
Organizing agency, location |
Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada |
| |
| 6. |
Contributor |
Sponsor(s) |
|
| |
| 7. |
Date |
(YYYY-MM-DD) |
2022-10-28
|
| |
| 8. |
Type |
Status & genre |
Peer-reviewed Article |
| |
| 8. |
Type |
Type |
|
| |
| 9. |
Format |
File format |
PDF |
| |
| 10. |
Identifier |
Uniform Resource Identifier |
https://journal.ugm.ac.id/gamajop/article/view/68791 |
| |
| 10. |
Identifier |
Digital Object Identifier |
10.22146/gamajop.68791 |
| |
| 11. |
Source |
Title; vol., no. (year) |
Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP); Vol 8, No 2 (2022) |
| |
| 12. |
Language |
English=en |
ID |
| |
| 13. |
Relation |
Supp. Files |
|
| |
| 14. |
Coverage |
Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) |
|
| |
| 15. |
Rights |
Copyright and permissions |
Gadjah Mada Journal of Psychology(GamaJoP) and articles published in this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. This licence allows readers to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original Author(s) and Gadjah Mada Journal of Psychology(GamaJoP), indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license. To publish and disseminate articles, Gadjah Mada Journal of Psychology(GamaJoP) requires the publishing rights. This is determined by the Copyrights Transfer Agreement that accompanies the publication process of the author’s accepted manuscript. This agreement deals with the transfer of the publishing rights to Gadjah Mada Journal of Psychology(GamaJoP), and Author(s) retain significant rights to use and share their own published articles. For further information about Copyrights Transfer Agreement document applies in Gadjah Mada Journal of Psychology(GamaJoP), please visit Link Form |
|