Modifikasi Alat Penggulung Dinamo Sistem Manual Menjadi Otomatis Berbasis Arduino

https://doi.org/10.22146/ijl.v3i1.61545

Muhammad Syahwil(1*)

(1) Politeknik Negeri Ujung Pandang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat alat penggulung dinamo yang bekerja secara otomatis dengan memodifikasi alat penggulung dinamo sistem manual yang ada di bengkel kampus. Alat ini menggantikan fungsi alat manual penggulung kawat email dinamo tenaga manusia menjadi alat otomatis dengan tenaga penggerak motor stepper sehingga proses penggulungan lilitan dinamo menjadi lebih efesien dan akurat. Metode penelitian yang dilakukan terdiri atas identifikasi potensi dan masalah, studi literature (pengumpulan data), tahap desain (perancangan, validasi rancangan dan pembuatan alat), tahap pengujian (uji coba), analisis unjuk kerja alat serta tahap finalisasi (uji coba pemakaian). Hasil akhir penelitian ini didapatkan sebuah alat penggulung dinamo yang beroperasi secara otomatis sebagaimana rancangan modifikasi yang diinginkan. Berdasarkan pengujian unjuk kerja di laboratorium, menunjukan alat penggulung otomatis ini berfungsi sangat baik dengan hasil pengamatan sebagai berikut: (1) Didapatkan kesesuaian hasil antara jumlah putaran aktual dan jumlah setting gulungan dengan tingkat ketelitian sebesar 99,38 %, atau error selisih putaran sebesar 0,62 %.; (2) Alat ini bekerja dengan 4 level kecepatan yaitu tinggi, cukup, sedang dan rendah dengan konsumsi daya listrik yang rendah sebesar 20 Watt. Dengan variasi kecepatan yang tersedia, pengguna dapat menggulung belitan sesuai dengan diameter kawat email yang digunakan; (3) Efektifitas penggulungan cukup baik, untuk menggulung kumparan dinamo sebanyak 500 lilitan hanya dibutuhkan waktu 3,15 menit (level kecepatan tinggi), 6,25 menit (level kecepatan cukup), 9,15 menit (level kecepatan sedang) dan 12,3 menit (level kecepatan rendah).


Keywords


otomatis , modifikasi , alat penggulung dinamo, dan arduino.

Full Text:

PDF


References

Ahyar M & Irdam (2019). Perancangan Mesin Penggulung kumparan Motor Listrik Sistem Otomatis Berbasis Mikrokontroller. Jurnal Keteknikan dan Sains (JUTEKS) – LPPM UNHAS Vol. 2, No. 1, Februari 2019.

Davic Cooper W, (1994), Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, edisi ke 2. Jakarta: Erlangga

Gapita, R. S., Hamzah, A., & Nurhalim. (2015). Perancangan Mesin Penggulung Kumparan Transformator Berbasis Mikrokontroler ATmega8535. JOM FTEKNIK UNRI, 2(2), 1-5.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit CV alfabeta Bandung.

Sujadi, (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Jakarta Rineka Cipta.

Syahwil, Muhammad, (2014). Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroler Arduino. Penerbit ANDI Yogyakarta.

Yandri, V. R., & Desmiwarman. (2016). Rancang Bangun Alat Penggulung Kawat Email untuk Kumparan Motor Menggunakan Mikrokontroller ATmega328 Sebagai Unit Pengendali. Jurnal Teknik Elektro ITP, 5(1), 16-21.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v3i1.61545

Article Metrics

Abstract views : 807 | views : 690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats