Analisis Manajemen Laboratorium Terpadu Mikroskopis Di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura Papua (Studi Kasus)
Dais Iswanto(1*), Herlambang Budi Mulyono(2)
(1) Fakultas Kedokteran Unuversitas Cenderawasih Jayapura
(2) Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih, Jayapura,
(*) Corresponding Author
Abstract
Keunggulan sebuah laboratorium pendidikan dapat direfleksikan dari kualitas dan profile manajemen yang dijalankannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem manajemen yang dijalankan di laboratorium terpadu mikroskopis Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih (FK Uncen) Jayapura, Papua. Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif dan deskriptive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen laboratorium tergolong kurang maksimal dan sebagian saja yang berjalan sesuai kaidah manajemen secara baku. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengukuran indikator perencanaan (planing) sebesar 51,72 % mengindikasikan positif atau kategori “Baik” dan sebanyak 41,37 % masuk dalam kategori “Kurang”. Sedangkan tiga komponen manajemen lainnya yang terdiri dari organizing, actuating dan controoling masing - masing indikator menunjukkan hasil sebesar 55,55 % masuk dalam kategori “Baik” dan 44,44% terbilang “Kurang”. Temuan dapat digunakan sebagai bahan kajian penting dalam institusi untuk memperbaiki sistem manajemen laboratorium secara bertahap dan berkelanjutan agar diperoleh fungsi manajemen laboratorium yang ideal sesuai aturan yang semestinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriani, N. (2016). ANALISIS MANAJEMEN LABORATORIUM KIMIA SMA NEGERI DI KOTA TANJUNGPINANG GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DAN PESERTA DIDIK Nina. Jurnal Zarah, Vol. 4, No. 1, 2016 (Halaman 1-8) ANALISIS, 4(1).
Awaluddin, & Hendra. (2018). Fungsi Manajemen dalam Pengadaan Infrastruktur Masyarakat di desa watatu Kecamatan Banawa selatan Kabupaten Donggala. Antropologi Fisip Tadulako, 2(1), 1–12.
Emda, A. (2017). LABORATORIUM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN KERJA ILMIAH. Lantanida Journal, 5(1).
Fiska, M., Hamidah, A., & Budiarti, R. S. (2017). Analisis Pelaksanaan Manajemen Laboratorium Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi Mariza. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi, 2, 1–8.
Gunawan, I. (2019). Managemen Pengelolaan Alat dan Bahan di Laboratorium Mikrobiologi. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1 (1) 2019, 19-25, e-ISSN: 2654-251X, 1(1), 19–25.
Hamidah, A., Sari, N., & Budianingsih, R. (2013). Manajemen Laboratorium Biologi. Sainmatika, 7(1), 1–10.
Huda, N. (2016). Fungsi Pengorganisasian dalam Manajemen. Media Karya Kesehatan, 7(2), 1–16.
Indrawan, I., Safita, R., Novalyan, D., Mahdayeni, M., Elsha, R. Y., Rochbani, I. T. N., Adiati, A., Jaya, E. P., Syafitri, R., Susanti, T., Maryani, & Endarlita. (2013). Manaejemn Laboratorium Pendidikan. In CV.PENERBIT QIARA MEDIA (Vol. 53, Issue 9).
Kartikasari, S. N. (2019). PERAN LABORATORIUM SEBAGAI PUSAT RISET UNTUK MENINGKATKAN MUTU DARI LEMBAGA PENDIDIKAN PADA JURUSAN THP_FTP_UNEJ. 2(mei 2019), 17–28.
Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. JURNAL IDAARAH, VOL. III, NO. 1, JUNI 2019, III(36), 138–147.
Lestari, N. A., Jauhariah, M. N. R., & Deta, U. A. (2017). Pelatihan Manajemen Laboratorium Untuk Pengelola Laboratorium Ipa Tingkat Sma Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal ABDI, 3(1), 17. https://doi.org/10.26740/ja.v3n1.p17-21
Ramli, R. (2016). Pengawasan sebagai Fungsi Manajemen. Universitas Terbuka.
Ramli, R., & Warsidi, A. (2015). modul Pengorganisasian sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen. Universitas Terbuka.
Resmiaty, T. (2012). Aplikasi sistem informasi dan manajemen laboratorium. In kemenkes Republik Indonesia (Vol. 66).
Sari, S., Dayana, D., Ida, & Farida. (2018). ANALISIS PROFIL MANAJEMEN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA WILAYAH SUMEDANG. 1(Juni), 73–82.
Soemantri, M. (2014). Perencanaan Pendidikan. In IPB Pess (Cetakan Pe, Vol. 7, Issue 2). IPB PRESS.
Susilo, B. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar IPA. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 225. https://doi.org/10.30738/mmp.v1i2.3256
Utari, R. (2014). PENGUATAN DAN PERLUASAN FUNGSI LABORATORIUM PADA RUMPUN ILMU SOSIAL DI PERGURUAN TINGGI. Dinamika Pendidikan, XXII(MEI 2017), 16–26.
DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v4i1.65346
Article Metrics
Abstract views : 10987 | views : 15507Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Laboratory
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.