Pengembangan Media Pembelajaran Cutaway Transmisi dan Transfer Suzuki SJ-410 dan Torque Converter di Laboratorium Chasis Fakultas Teknik UNY

https://doi.org/10.22146/ijl.v4i2.67926

Muntaha Muntaha(1*), Triwanto Triwanto(2)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran merupakan proses pendidikan yang hakekatnya merupakan komunikasi, yaitu metode penyajian gagasan dari seorang pendidik kepada penerima (mahasiswa). Dalam mempermudah pembelajaran diperlukan adanya media dan pengembangan media pembelajaran agar pesan yang sampaikan oleh pendidik dapat diterima dengan dengan baik dan mudah oleh peserta didik.

Tujuan dari penilitian ini adalah membuat dan mengembangkan produk media pembelajaran transmisi dan transfer Suzuki SJ 410 dan Torque Converter untuk pembelajaran di laboratorium Chasis Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Mengetahui hasil pengembangan media dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran.  

Penilitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran Tranmisi dan transfer Suzuki SJ 410 dan Torque Converter dengan metode  Cutway yaitu metode membelah memotong bagian alat untuk mengetahui komponen di dalamnya tanpa mengurangi komponen. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Chasis, Jurusan Pendidikan Teknik otomotif UNY. Teknik Pengambilan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif, sehingga didapatkan rancangan mesin yang aman, berfungsi efektif, dan efisien

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Tranmisi dan transfer Suzuki SJ 410 dan Torque Converter yang  sudah di implementasi dan dapat digunakan untuk pembelajaran di laboratorium chasis sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Dengan media pembelajaran Tranmisi dan transfer Suzuki SJ 410 dan Torque Converter yang menarik dan mudah pemahaman sistem kerja alat sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan dapat memudahkan dosen dalam  pembelajaran kepada mahasiswa. Pencapaian hasil belajar mahasiswa sangat baik yaitu sebesar 60 % mendapatkan nilai A.


Keywords


Media pembelajaran; Tranmisi; Torque Converter

Full Text:

PDF


References

Daryanto, 2008, ”Pengetahuan Komponen Mobil”, Skripta: media Creator .

F. Noviyanto, 2008, “Membangun Sistem Pembelajaran Pengenalan Bentuk untuk Anak Berbasis Multimedia dan Game Interaktif,” J. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 158–167.

Hadi Prayino, 2018 , “ Pemeliharaan Sistem Transmisi Otomatis” , Kanisius,

Modul Praktikum Chasis Otomotif, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, FT, Universitas negeri Yogyakarta

Pribadi, A Benny, 2009, ”Model Desain Sistem Pembelajaran” Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Sugiyono. 2011, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta..

Sukiman, 2012, “Pengembangan Media Pembelajaran,” Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani,

Sukoco, Arifin Zainal , 2008, “Teknologi Motor Diesel”, Alfabeta.

Wagiran, (2013), Metodelogi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi), Yogyakarta : Deepublish

Wakid Muhkamad, 2011, ”Sistem Transmisi Kendaraan Ringan”, Skripta media Creator,



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v4i2.67926

Article Metrics

Abstract views : 680 | views : 700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats