Modifikasi Alat Bantu Pembacaan Grafik Kertas EKG Menggunakan Kamera Mikroskop dan Webcam Untuk Praktikum EKG

https://doi.org/10.22146/ijl.v8i1.90344

Dyni Amoryna(1), Eka Febriyanti(2), Atika Ulfa Putri(3*)

(1) Laboratorium Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Riau, Jl. Patimura No.9 Gedung J – Gobah, Pekanbaru, Riau
(2) Laboratorium Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Riau, Jl. Patimura No.9 Gedung J – Gobah, Pekanbaru, Riau
(3) Laboratorium Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Riau, Jl. Patimura No.9 Gedung J – Gobah, Pekanbaru, Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketelitian dalam pembacaan hasil perekaman kelistrikan jantung pada kertas EKG sangat penting bagi mahasiswa kesehatan. Mahasiswa seringkali mengalami kesulitan dalam pengamatan grafik P, kompleks QRS serta T. Penelitian ini dilakukan untuk membantu pembimbing praktikum dalam praktek pembacaan EKG dengan memanfaatkan kamera mikroskop dan webcam dalam kegiatannya yang dapat diamati oleh mahasiswa melalui melalui layar monitor/infokus. Metode yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif menggunakan teknik Research and Development ( R&D) sistem Borg and Gall Steps Scheme. Hasil pengamatan di ujikan kesesuaiannya secara teoritis dan diambil pemanfaatannya melalui lembar kuisioner kepada user. Hasil uji didapatkan bahwa rerata penilaian dari kuisioner oleh Ahli materi sebesar 86, 8 % , dari pembimbing praktikum sebesar 89,5 % serta praktikan (mahasiswa) sebesar 81,5 % . Melalui penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan alat bantu pada praktikum pembacaan EKG menggunakan kamera mikroskop dan webcam adalah valid dan sangat baik tanpa perlunya revisi.

 

 


Keywords


EKG; Kamera Mikroskop; Webcam

Full Text:

PDF


References

  1. Cahyani, B. T.,et.al. (2020). Deteksi Tingkat Konsentrasi Mahasiswa Menggunakan Metode Haar Cascade Classifier, , Wijayakusuma National Conference (WiNCo) 2020. Cilacap, Indonesia

    Syafri, B & Helvitri. (2020). Peningkatan Kinerja Alat Mikroskop Menggunakan Pembesaran Kamera Digital External Sistem Dua Arah Volume 1 ISSN 2774-406X. Prosiding Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Pengembangan Profesi Pranata Laboratorium Pendidikan

    Burns, Ed., Buttner, R. (2022). “The ST Segment”. https://litfl.com/st-segment-ecg-library/
    Fitri, et all. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran: Squishy Sebagai Alternatif Alat Peraga Payudara Pada Kegiatan Praktikum Di Laboratorium. Fakultas Keperawatan Universitas Riau, Pekanbaru

    Huether.E., McCance.L. (2019). Buku Ajar Patofisiologi,6th Indonesia edition,Vol.2, Elsevier Singapore Pte.Ltd

    Halomoan, M. S. (2023). Gambaran Ekg Aritmia. https://www.alomedika.com /penyakit/ kardiologi /aritmia/gambaran-EKG diakses tanggal 30 Maret 2023

    Muqoddam, et.all. (2020). Modul Digitalisasi Mikroskop. Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia
    Nazmah, A. (2012). Panduan Belajar Membaca EKG (Elektrokardiografi) Secara Mudah. Jakarta

    Nursalam,. Efendi, F. (2011). Pendidikan dalam Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta

    Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v8i1.90344

Article Metrics

Abstract views : 250 | views : 97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats

  https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

The Indonesian Journal of Laboratory ISSN 2655-1624 adalah Jurnal Pranata Laboratorium Pendidikan yang diterbitkan oleh Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia Universitas Gadjah MadaThe content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License