PENGARUH BAHAN MEDIA SIMPAN TERHADAP KUALITAS BIBIT TIGA KLON TEBU (Saccharum officinarum L.) MATA TUNAS TUNGGAL

https://doi.org/10.22146/veg.10477

Epraim Theopilus Sitepu(1*), Taryono Taryono(2), Djoko Prajitno(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bibit tebu mata tunas tunggal memiliki umur simpan yang relatif pendek. Apabila tanpa perlakuan, daya kecambah mata tunas tunggal sudah menurun pada umur  simpan  2  hari.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bahan  media simpan dan bahan klon tebu terbaik untuk mempertahankan kualitas bibit tebu mata tunas tunggal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan perlakuan  faktorial  3  ×  3  dalam  rancangan  lingkungan  acak  lengkap  (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah media simpan yang terdiri dari media simpan arang kayu, serbuk gergaji, dan sekam padi. Faktor kedua adalah klon tebu yang terdiri dari klon Bululawang, klon Kidang Kencana, dan klon VMC. Pengamatan dilakukan pada umur simpan 0, 4, 8, 12, dan 16 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara media simpan dan klon yang digunakan pada jumlah bibit yang berjamur selama penyimpanan, jumlah bibit yang mati selama penyimpanan, gaya berkecambah (GB), dan indeks vigor (IV) bibit mata tunas tebu. Media simpan arang kayu mampu menyimpan mata tunas tunggal terbaik yakni sampai dengan umur simpan 12 hari. Klon Kidang Kencana memiki kualitas bibit yang baik sampai dengan umur simpan 12 hari pada media simpan arang kayu.



References

Anonim. 2013. A Report on Single Bud Seed Nursery Program.

Jain, R., S. Solomo, A. K. Shrivastara, dan A. Chandra. 2010. Sugarcane Budchips: A Promosing Seed Material. Sugar Tech 12: 67-69.

Omoto, G. dan G. O. Abayo. 2007. The Effect of Seed Rate on Sugarcane Yield in Nyando Zone. Kenya Sugar Research Institute. Technical Bulletin No. 2.

Pratiwi, R. D., Rabaniyah, R., dan Purwantoro, A. 2012. Pengaruh Jenis dan Kadar Air Media Simpan terhadap Viabilitas Benih Lengkeng (Dimocarpus longan Lour.). Vegetalika 1 (2).

Sadjad, S. 1975. Dasar-dasar Teknologi Benih. Capica Selecta. Departemen Agronomi IPB. Bogor.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.10477

Article Metrics

Abstract views : 922 | views : 939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Budidaya Pertanian



VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats