Pengaruh Macam Media dan Takaran Pupuk Kandang Kambing terhadap Pertumbuhan dan Hasil Sawi Hijau (Brassica rapa L.)

https://doi.org/10.22146/veg.25983

Helmei Anjarwati(1*), Sriyanto Waluyo(2), Setyastuti Purwanti(3)

(1) 
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Permintaan pangan semakin meningkat termasuk pada kelompok sayuran. Konversi penggunaan lahan di Indonesia dari sektor pertanian ke sektor non pertanian mempengaruhi luas area tanam yang ada. Hal ini juga berdampak pada penurunan produksi sayuran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, degradasi lahan yang disebabkan oleh penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan juga membuat kualitas produk sayuran yang dihasilkan semakin menurun. Pengembangan tanaman sayuran di lahan sempit dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan produktivitas sayuran. Teknologi budidaya yang ramah lingkungan terutama pada sayuran perlu digiatkan. Pertimbangan pemilihan media tanam diperlukan untuk menunjang pertumbuhan tanaman sayuran di lahan yang terbatas. Penggunaan pupuk organik dapat menjadi alternatif solusi untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan pupuk anorganik dalam meningkatkan produktivitas tanaman sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi media tanam dan takaran pupuk kandang kambing yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil sawi hijau. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul pada bulan Maret-Juli 2016. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu media tanam (tanah, sekam mentah, arang sekam, dan serbuk gergaji) dan perbandingan media dengan takaran pupuk kandang kambing (tanpa pupuk, 2:1, dan 1:1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan media tanam arang sekam dengan takaran pupuk kandang kambing 1:1 memberikan pertumbuhan dan hasil sawi hijau yang paling baik, yaitu mampu meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot segar tanaman, dan bobot kering tanaman sawi hijau.


Keywords


sawi hijau, Brassica rapa L., media tanam, pupuk kandang kambing



References

Gardner, F. P., B.R Pearce., dan R. Mitchell. 1991. Fisiologi tanaman budidaya. UI Press, Jakarta.

Goldsworthy, P.R. dan N.M. Fisher. 1996. Fisiologi tanaman budidaya tropik. Penerjemah: Tohari. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Hardjowigeno, S. 1995. Ilmu tanah. Akademika Pressindo, Jakarta.

Haryanto, B., Suhartini, T., Rahayu, E., dan Sunarjo. 2006. Sawi dan selada. Penebar Swadaya, Jakarta.

Hayati, E., Sabarudin., dan Rahmawati. 2012. Pengaruh jumlah mata tunas dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan setek tanaman jarak pagar (Jatropha curcas L.). Agrivista. 3:129-134.

Junita, F., S. Muhartini., dan D. Kastono. 2002. Pengaruh frekuensi penyiraman dan takaran pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil pakchoi. Jurnal Ilmu Pertanian 2002. IX

Komarayati, S dan G. Pari. 2014. The combination of additions of biochar and wood vinegar on jabon and sengon growth. Jurnal Penelitian Hasil Hutan. 1:12-20.

Lakitan, B. 1993. Dasar-dasar fisiologi tumbuhan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lingga, P. 2005. Hidroponik, bercocok tanam tanpa tanah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Perwitasari, B., M. Tripatmasari., dan C. Wasonowati. 2012. Pengaruh media tanam dan nutrisi terhadap pertumbuhan tanaman pakchoi (Brassica juncea L.) dengan sistem hidroponik. Agrovigor. 1: 14-25.

Sitompul, S.M. dan B. Guritno. 1995. Analisis pertumbuhan tanaman. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Susenas. 2016. Konsumsi per kapita dalam rumah tangga setahun menurut hasil susenas.. Diakses 1 April 2016.

Syekhfani. 2000. Pertanian organik: suatu alternatif menuju sistem pertanian berkelanjutan (ditinjau dari aspek kesuburan tanah). Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Jawa Timur.

Tan, K. H. 1993. Environmental soil science. Marcel Dekker. Inc, New York.

Wijaya, K. 2010. Pengaruh konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair hasil perombakan anaerob limbah makanan terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brasicca juncea L.). Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wuryan. 2008. Pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan tanaman hias pot Spathiphyllum sp. Buletin Penelitian Tanaman Hias. 2: 81-89.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.25983

Article Metrics

Abstract views : 5073 | views : 17146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Vegetalika



VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats