Eksplorasi dan Identifikasi Tanaman Kopi Liberika di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal

https://doi.org/10.22146/veg.44325

Nafarain Haniefan(1*), Panjisakti Basunanda(2)

(1) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kopi liberika (Coffea liberica) adalah jenis kopi yang memiliki keunikan pada rasa maupun morfologi tanamannya. Jenis kopi liberika yang terdapat di kebun masyarakat Desa Kalibagor memiliki karakter yang beragam. Hal tersebut menyebabkan produksi yang kurang optimal. Eksplorasi dan identifikasi tanaman perlu dilakukan. Sehingga dapat dipetakan sebaran populasi berdasarkan karakter morfologinya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengamatan dilakukan pada 40 aksesi tanaman kopi liberika dan 5 aksesi kopi robusta sebagai kontrol yang tersebar pada kebun milik petani. Kopi liberika dapat dikelompokkan berdasarkan karakter morfologi panjang daun, lebar daun, luas daun, bentuk daun, bentuk apex, panjang buah, lebar buah, bentuk buah, bentuk diskus, panjang biji, dan lebar biji.  Berdasarkan karakter morfologi 40 aksesi tanaman kopi yang diduga kopi jenis liberika benar berbeda dengan kopi jenis robusta sebagai kontrol. Analisis gerombol (cluster) membagi 45 aksesi tanaman kopi yang diamati menjadi 5 kelompok dengan tingkat kemiripan diatas 65%. Kelima kelompok aksesi kopi yang diamati tersebar secara acak dengan variasi kelompok tertinggi pada kebun milik Bapak Rosyid dan Bapak Mudrik.


Keywords


eksplorasi plasma nutfah; kopi; liberika; sumberdaya pedesaan.

Full Text:

PDF


References

Bernawie, N., Ajijah N., dan Rostiana, O. 2002. Karakterisasi Morfologi dan Mutu Adas (Feonim vulgare Mill). Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat 13(2):26.

Budiman, H. 2012. Prospek Tinggi Bertanam Kopi. Pustaka Baru Press.Yogyakarta.

International Plant Genetic Resources Institute. 1996. Descriptors for coffee (Coffea spp. and Psilanthus spp.). Roma(ITA): Testo Monografico.

Jamsari. 2008. Pengantar pemuliaan landasan genetis, biologis, dan molekuler. Penerbit UNRI Press.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.44325

Article Metrics

Abstract views : 909 | views : 1008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vegetalika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats