Jenis dan Fungsi Tanaman di Jalur Hijau Jalan Affandi, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Babarsari, Jalan Perumnas Seturan, dan Jalan Ring Road Utara (ALABSeRi), Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/veg.5758

Ahmad Irfan Syahindra, Sri Trisnowati, dan Siti Nurul Rofiqo Irwan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi vegetasi di sepanjang Jalan Affandi, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Babarsari, Jalan Perumnas Seturan, dan Jalan Ring Road Utara (ALABSeRi), mengkaji fungsi estetika dan peneduh penghijau jalan di sepanjang ALABSeRi, dan membuat rekomendasi penataan penghijauan jalan yang nyaman dan estetis. Penelitian ini mulai dari persiapan, pengambilan data sampai olah data dilaksanakan di sepanjang ALABSeRi pada bulan Juli - Desember 2012, dengan menggunakan metode  transect line, kemudian dilanjutkan dengan metode survei. Dari identifikasi yang dilakukan, didapatkan 32 jenis tanaman yang terdiri atas 16 jenis pohon, 4 jenis perdu, dan 12 jenis semak. Berdasarkan kuisioner yang disebarkan, rasa keindahan lingkungan di sepanjang ALABSeRi memiliki rata-rata nilai 3 (biasa saja), rasa kenyamanan memiliki rata-rata nilai 2 (tidak nyaman), rasa sejuk dan panas memiliki rata-rata nilai 2 (panas), dan keteduhan lingkungan di sepanjang ALABSeRi memiliki rata-rata nilai 3 (tidak teduh). Oleh karena itu di Jalur Hijau ALABSeRi membutuhkan penataan dan pemilihan jenis tanaman supaya keindahan dan kenyamanannya meningkat.

Kata kunci: ALABSeRi, identifikasi, fungsi estetika dan peneduh




References

Anonim. 2011. Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. . diakses tanggal 21 Agustus 2014.

Gandawidjaja, D. 1981. Lanskap untuk Penghematan Energi. Buletin Kebun Raya 5(3):57-60.

Lestari, G. dan I. P. Kencana. 2008. Galeri Tanaman Hias Lanskap. Penebar Swadaya, Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1996. Tata Cara Perencanaan Teknik Lanskap Jalan. Jakarta.

Hakim, R. Dan H. Utomo. 2003. Komponen Perancangan Arsitektur Lanskap: Prinsip-Unsur dan Aplikasi. Bumi Aksara, Jakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.5758

Article Metrics

Abstract views : 2850 | views : 3872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats