Aplikasi Daminozide dalam Upaya Pembentukan Kenikir (Cosmos sulphureus Cav.) menjadi Tanaman Hias Pot

https://doi.org/10.22146/veg.62736

Tio Eka Sinurat(1), Aziz Purwantoro(2), Dyah Weny Respatie(3*)

(1) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kenikir merupakan salah satu tanaman hias yang dapat dikembangkan menjadi tanaman hias pot. Akan tetapi dengan tinggi yang mencapai satu meter, apabila dijadikan tanaman hias pot terlihat kurang menarik. Maka perlu adanya modifikasi tinggi tanaman pada tanaman kenikir. Salah satu cara untuk mengurangi tinggi tanaman adalah penggunaan zat penghambat pertumbuhan atau retardant berupa daminozide. Metode aplikasi yang tepat pada tanaman dapat upaya pembentukan tanaman hias pot yang sesuai dengan kriteria. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan metode aplikasi yang paling baik dalam upaya pembentukan kenikir menjadi tanaman kenikir pot. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Februari-Agustus 2020 di Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dua faktor. Faktor pertama adalah perbedaan waktu perendaman benih dengan daminozide (1500 ppm) yang terdiri dari empat aras perlakuan yaitu, perendaman air selama 36 jam, perendaman daminozide 12 jam, 24 jam, dan 36 jam. Faktor kedua adalah adanya penyemprotan daminozide (1500 ppm) setiap minggunya yang terdiri dari dua aras perlakuan yaitu, tanpa penyemprotan dan penyemprotan daminozide setiap minggu. Data yang diperoleh dilakukan analisis varian (ANOVA), jika hasil berbeda nyata dilakukan uji lanjut dengan uji lanjut Tukey HSD (Honestly Significant Difference) dengan alfa 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi waktu perendaman 24 jam diikuti dengan penyemprotan menunjukkan hasil yang memenuhi kriteria tanaman hias pot.


Keywords


daminozide; penyemprotan; perendaman; bunga pot; tinggi tanaman

Full Text:

TioFIXPDF


References

Acquaah. G. 2002. Horticulture: Principles and Practises, Second Edition. Person Education. Inc. New Jersey.Anonim. 1993. Daminozide. Cornell University. http://pmep.cce.cornell.edu. Diakses pada tanggal 9 September 2019.


Anonim. 2018. Budidaya Bunga Krisan Pot. <https://fp.uniska-kediri.ac.id/berita/ detail/budidaya-bunga-krisan-pot.>. Diakses pada tanggal 25 September 2020.


Buntoro, B. H., R. Rogomulyo, dan S. Trisnowati, 2014, Pengaruh takaran pupuk kandang dan intensitas cahaya terhadap pertumbuhan dan hasil temu putih (Curcuma Zedoaria L.), Vegetalika, 3(4):29-39.


Hermanto D. 2008. Koleksi dan karakterisasi plasma nutfah sayuran indigenous. Program Studi Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.


Indah, T., K. A. Wijaya, P. Dewanti. 2015. Pengaruh konsentrasi daminozide pada pertumbuhan dan hasil tiga varietas tanaman krisan pot. Berkala Ilmiah Pertanian, 9(10):1-5.


Krisantini. 2007. Galeri Tanaman Hias Bunga. Penebar Swadaya. Jakarta.


Lakamisi H. 2010. Prospek agribisnis tanaman hias dalam pot (Pot Plant). Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan 3(2):55-59.


Muhyudin, H., M. D. Maghfoer, dan T. Islami. 2018. Pengaruh konsentrasi dan waktu pemberian giberelin pada pertumbuhan dan produksi pada tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). Universitas Sam Ratulangi. Manado.


Ramadhan F. S. A., Setyono, dan E. D. S. Nugroho. 2018. Pengaruh kerapatan tanaman dan konsentrasi pupuk NPK pada krisan pot (Chrysantemum morifolium Ramat). Jurnal Agronida 4(1):9-36.


Sarmoko, Endang S. 2010. Kenikir (Cosmos caudatus Kunth). <http:/ccrc.farmasi. ugm.ac.id/?page_id=101 Diakses pada tanggal 28 September 2020.


Shin, W. G., S. J. Hwang, I. Sivanesan and B. R. Jeong. 2009. Height suppression of tomato plug seedlings by an



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.62736

Article Metrics

Abstract views : 670 | views : 949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vegetalika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats