Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Bilingual “VOCARELI” pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis (Halaman 49 s.d. 52)
Ignatio Benigno(1*), J.V. Djoko Wirjawan(2), Tjondro Indrasutanto(3)
(1) Prodi Pendidikan Fisika - Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Jl. Kalijudan 37, Surabaya
(2) Prodi Pendidikan Fisika - Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Jl. Kalijudan 37, Surabaya
(3) Prodi Pendidikan Fisika - Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Jl. Kalijudan 37, Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Sudah terbiasa terdengar bahwa belajar Fisika dengan bahasa Inggris merupakan hal yang sulit. Hal ini terjadi karena siswa terbiasa belajar hanya dengan menggunakan buku bilingual. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran yang dilengkapi dengan fitur audio dan visual yang dapat menarik perhatian siswa dan memotivasi mereka untuk belajar Fisika dengan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Bilingual "VOCARELI" untuk siswa SMA yang dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman siswa SMA pada pokok bahasan Fluida Dinamis. Hasil studi yang berhasil dikembangkan adalah Media Pembelajaran Bilingual "VOCARELI" pada pokok bahasan Fluida Dinamis yang disimpan dalam compact disc (CD-Learning). Media ini telah melalui validasi dan telah dicoba oleh 21 murid SMAK St. Hendrikus Surabaya. Berdasarkan hasil angket dan analisis data, 28,6% siswa berpendapat bahwa media ini Excellent, dan 71,4% siswa menyatakan bahwa media ini baik untuk digunakan dalam pembelajaran bilingual Fisika.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24374
Article Metrics
Abstract views : 1494 | views : 1723Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Ignatio Benigno, J.V. Djoko Wirjawan, Tjondro Indrasutanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.