Analisa Penguasaan Konsep pada Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika
Salsabila Indana Zulfa(1*), Ainun Nikmah(2), Elin Khoirun Nisak(3)
(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
(2) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
(3) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep pada materi tekanan hidrostatis dan hukum pascal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik sampling berupa purposive sampling (sample dengan tujuan tertentu). Terdapat 19 soal penguasaan konsep dengan 10 soal pilihan ganda beralasan dan 9 soal pernyataan benar atau salah disertai alasan. Soal-soal penguasaan konsep tersebut disebar ke 109 mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2018 dan 2019. Berdasarkan analisis data, kesulitan mahasiswa terletak pada pengaplikasian persamaan dan penguasaan prinsip-prinsip yang bekerja pada tekanan hidrostatis. Mahasiswa hanya memahami bahwa suatu objek yang memiliki kedalam yang sama, juga memiliki tekanan yang sama. Namun sayangnya, syarat dari keadaan tersebut diabaikan. Lebih lanjut, mahasiswa juga mengalami kesulitan untuk menentukan gaya-gaya yang bekerja di dalam bejana. Hal ini diketahui berdasarkan jawaban dari soal soal penguasaan konsep. Dimana 12% dari mahasiswa tidak mampu menjawab dan memberikan alasan yang tepat. Sedangkan 88% sisanya memberi jawaban yang salah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
- Pateda AB, Kendek Y, Saehana S. Analisis Pemahaman Konsep Magnet Mahasiswa Calon Guru Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online). 2015;3(2):13{17.
- Amnirullah L. Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Topik Rotasi Benda Tegar Dan Momentum Sudut (halaman 34 sd 37). Jurnal Fisika Indonesia. 2015;19(56).
- Al Mubarokah NH. IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS DENGAN MENGGUNAKAN CRI (Certainty of Response Index). COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 2019;6(1):1{7.
- Purwanto MG, Nurliani R, Kaniawati I, Samsudin A. Promoting the hydrostatic conceptual change test (HCCT) with four-tier diagnostic test item. In: Journal of Physics: Conference Series. vol. 1013. IOP Publishing; 2018. p. 12035.
- Wijaya CP, Handayanto SK, Muhardjito M. The diagnosis of senior high school class x mia b students misconceptions about hydrostatic pressure concept using three-tier. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2016;5(1):13{21.
- Serway RA, Jewett JW. Physics for scientists and engineers with modern physics. Cengage learning; 2018.
- Knight RD. Physics for scientists and engineers. Pearson Higher Ed.; 2017.
- Young HD, Freedman RA. University Physics with Modern Physics and MasteringPhysics. Academic Imports Sweden AB; 2015.
- Widodo L, Yuliati L, Parno P. Eksplorasi Penguasaan Konsep Awal Siswa pada Materi Fluida Statis. In: Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017. vol. 2; 2018. .
- Prastiwi VD, Parno P, Wisodo H. Identifikasi pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa SMA pada materi fluida statis. Momentum: Physics Education Journal. 2018;.
- Zukhruf KD, Khaldun I, Ilyas S. Remediasi Miskonsepsi Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). 2016;4(1).
- Zukhruf K. Mengidentifikasi Miskonsepsi Fluida Statis pada Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas samudra. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. 2018;1(02):11{16.
- Pebriana I. Program Resitasi berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Topik Mekanika Fluida. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM. 2018;.
DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.v24i1.51870
Article Metrics
Abstract views : 39693 | views : 81066Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Salsabila Indana Zulfa, Ainun Nikmah, Elin Khoirun Nisak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.