Efektivitas Endorser dalam Promosi Pariwisata Indonesia
Muhammad Sidiq Wicaksono(1*), Dwi Yunitasari(2)
(1) Diploma Kepariwisataan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(2) Diploma Kepariwisataan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Endorser dalam pemasaran pariwisata merupakan turunan dari sistem pemasaran tradisional yang
menggunakan seseorang yang memiliki kredibilitas sesuai dengan produknya untuk mewakili citra dari produk
yang dipromosikan. Selebriti sebagai endorser digunakan secara luas dalam mempromosikan sebuah produk.
Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dan sebagai salah satu negara yang memiliki pengguna
media sosial terbesar memiliki peluang untuk menggunakan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan
pariwisata kepada wisatawan domestik. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia telah menjalankan program
strategi pemasaran melalui media sosial pada tahun 2016. Pevita Pearce merupakan salah satu endorser dalam
kampanye Pesona Indonesia yang memiliki target kepada wisatawan domestik. Pervita telah mempromosikan
tiga destinasi baru di Indonesia seperti Belitung, Banyuwangi, dan Raja Ampat. Analisis performa melalui akun
Instagram pribadinya dilakukan untuk menilai tingkat kecocokan citra Pevita dengan destinasi yang diwakili.
Akun Instagramnya memiliki respons yang baik dari pengikutnya tetapi Raja Ampat masih mengungguli destinasi
lainnya dikarenakan citra yang sangat kuat dibandingkan destinasi lainnya. Tingkat kemenarikan fisik dari
Pevita memiliki dampak positif dalam kampanye tersebut tetapi citra Pevita sebagai selebriti yang cantik tidak
cocok dengan destinasi petualangan yang dia wakilkan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jgs.34041
Article Metrics
Abstract views : 4308 | views : 11508Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Gama Societa (JGS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.