Kecenderungan Arah Penelitian Pada Tugas Akhir Mahasiswa Fkip Universitas Bung Hatta

https://doi.org/10.22146/jgs.48857

Erman Har(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mempelajari kecenderungan arah penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa fkip  Universitas Bung Hatta pada pelaksanaan tugas akhir. Sasarannya 10 orang mahasiswa dari  tujuh program studi dengan jumlah responden sebanyak 70 orang. Analisis data secara deskriptif, t-test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa arah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa pada tugas akhir memperlihatkan kecenderungan mengarah pada penelitian eksperimen, diikuti dengan penelitian survei, dan penelitian pengembangan. Uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan  antara penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan terutama arah penelitian eksperimen lebih tinggi dilakukan oleh mahasiswa perempuan di banding dengan mahasiswa laki-laki. Implikasi penelitian ini adalah mahasiswa lebih memahami penelitian eksperimen dibanding dengan penelitian yang lain. Oleh sebab itu para dosen yang mengajar metode penelitian pada berbagai program studi dapat memberikan materi yang seimbang untuk berbagai jenis penelitian.

 


Keywords


Arah penelitian, Kecenderungan, Mahasiswa FKIP

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA Boersama, K., Goedhart, M and Eijkelhor, H. (2005). Research and The Quality of Science Education. . Kluwer Academic Publishers, New York. Chang, Y-H, Tseng, Y-H, and Ye, C. (2010). Trends of Science Education Research: An Automatic Content. Analysis. J Sci Educ Technol 19, 315–331 De Jong. (2007). Research And Teaching Practice In Chemical Education: Living Apart Or Together? Chemical Education International 6 (1), 1-6. DeHaan, R.L. (2011). Education research in the biological sciences: A nine decade review. BER_RLD_final (1-18-11). Emory University. Duit, R. (2007). Science education research internationally: Conception, research methods, domain of research. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 3-15. Jenkin, E. W., (2001). Research in science education in Europe: Retrospect and prospect. In H. Behrendt, H. Dahncke, R. Duit, W. Graeber, M. Komorek, A. Kross & P. Reiska, (Eds.). Research in Science Education – Past, Present, and Future. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. Johnsons, B. & Christensen, L. 2008. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approach 3rd Edition: Los Angeles: SAGE Publications Mastura T, Nurazidawati M. A , Kamisah O 2010 The Relationship of 21st Century Skills on Students’ Attitude and Perception towards Physics. International Conference On Learner Diversity 2010 Memes, Wayan. 2000. Model Pembelajaran Fisika di SMP, Jakarta: Dirjen PT DEPDIKBUD Rapih, S 2015 Langkah - Langkah Strategis Peningkatan Kualitas Sumber DayaManusia (SDM) Dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).IKIP PGRI MADIUN. Prosiding November 2015 ISBN: 978-602-9030-83-9 Sukmadinata, S.N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya



DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.48857

Article Metrics

Abstract views : 4620 | views : 1637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Gama Societa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88

toto macau 4d