Peran Trust dalam Pengelolaan Bantuan Langsung Masyarakat Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan di Kabupaten Kebumen

https://doi.org/10.22146/jkap.6854

Sri Sugianingsih(1*), Abdiana Ilosa(2)

(1) Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Kebumen
(2) Magister Administrasi Publik FISIPOL UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan bentuk-bentuk trust di Gapoktan, dan mekanisme bekerjanya trust dalam pengelolaan dana BLM-PUAP oleh Gapoktan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi teknik maupun triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan conclusion drawing atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trust memegang peran kunci dalam sukses tidaknya pengelolaan BLM-PUAP. Trust dalam pengelolaaan BLM-PUAP ditemukan bahwa trust di Gapoktan meliputi dua jenis yaitu bentuk dan proses. Bentuk trust meliputi jumlah simpanan anggota, pinjaman yang berkualitas, dan laporan keuangan yang valid. Proses trust meliputi kesesuaian alokasi dana BLM-PUAP dengan ketentuan pemerintah, kepatuhan pengurus terhadap peraturan yang disepakati bersama, sikap pengurus yang transparan, pengawasan yang rutin dan berkelanjutan serta pemberlakuan reward and punishment. Gapoktan Luhur Mulyo menunjukkan trust yang lebih rendah yang menjadikan pengelolaan dana BLM-PUAP berjalan kurang optimal dan memberikan hasil perkembangan yang lebih lambat. Sementara pada pengelolaan dana BLM-PUAP di Gapoktan Mandiri menunjukkan trust yang lebih tinggi,sehingga menjadikan pengelolaan dana BLM-PUAP berjalan lebih optimal dan memiliki perkembangan yang lebih cepat.

Keywords


Pengelolaan, perkembangan, trust

Full Text:

PDF


References

BPTP Jambi. 2010. PUAP Provinsi Jambi. http://jambi.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=45&Itemid=44. 30 April 2012.

Hasbullah, J. 2006. Social Capital (Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia). MR-United Press. Jakarta.

Laporan PUAP Gapoktan Luhur Mulyo Desember 2009 dan Juni 2012.

Laporan PUAP Gapoktan Mandiri DeĀ­sember 2011-Juni 2012.

Litbang Deptan. http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&task=view&id=562&Itemid=155. 5 Juni 2012.

Materi RAT Gapoktan Luhur Mulyo 2009-2011.

Rivai, Rudy Sunarja, Kedi Suradisastra, Dewa Ketut Sadra Swastika, Khairina M.Noekman, Sri Wahyuni, Julia Forcina Sinuraya, Nur Khoiriyah Agustin, Yana Supriyatna, Juni Hestina,Yuni Marisa, dan Budi Wiryono. 2010. Laporan Akhir Penelitian TA 2010: Evaluasi dan Penyusunan Desa Calon Lokasi Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan 2010. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kementerian Pertanian. Jakarta.

Salam, Abdul. 2008. Sustainabilitas Lembaga Keuangan Mikro Koperasi Simpan Pinjam. Sekolah Pascasarjana UGM. Yogyakarta.

Supriono, A., Dance J. Flassy, dan Sasli Rais. 2007. Modal Sosial: Unsur-Unsur Pembentuk. http://p2dtk.bappenas.go.id. Akses 26 Juni 2012.

Tim Teknis PUAP Kabupaten Kebumen. Laporan Perkembangan LKM 2008-2011.

Tim Teknis PUAP Kecamatan Buayan. Data Perkembangan Gapoktan PUAP 2008-2011.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkap.6854

Article Metrics

Abstract views : 1703 | views : 2231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)