Pengukuran Kinerja Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Desa Wisata Brayut

https://doi.org/10.22146/jkap.7519

Nisa Agistiani Rahman(1*)

(1) Asisten Peneliti di Asean Studies Center (ASC) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini membahas pengukuran kinerja implementasi kebijakan publik. Penulis mengambil studi kasus implementasi kebi- jakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata di Desa Wisata Brayut Kabupaten Sleman. PNPM Mandiri Pariwisata diimplementasikan di desa ini pada tahun 2009, 2010, dan 2011. Untuk mengukur kinerja im- plementasi PNPM Mandiri Pariwisata di Desa Wisata Brayut, penulis menggunakan dua indikator. Pertama, indikator policy output yang terdiri dari indikator cakupan, bias, akses, dan kesesuaian program dengan kebutuhan. Kedua, indikator policy outcomes yang terdiri dari initial outcome, intermediate outcome, dan long-term outcome. Berdasarkan pengukuran, didapat hasil bahwa kinerja implementasi PNPM Mandiri Pariwisata di Desa Wisata Brayut terbilang rendah. PNPM Mandiri Pari- wisata gagal dalam mencapai long-term outcome yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di desa wisata. Hal ini terjadi karena setidaknya dua faktor, yaitu disposisi implementor dan format kebijakan. Berdasarkan kedua faktor tersebut, penulis memberikan rekomendasi kebijakan agar kebijakan PNPM Mandiri Pariwisata menjadi lebih baik di masa yang akan datang, yaitu dengan: (1) memodifikasi kebijakan; (2) memodifikasi wujud kebijakan/program; (3) merinci metode monitoring dan evaluasi; dan (4) merinci poin pemberian sanksi dalam Petunjuk Teknis Operasional (PTO).

Keywords


Pengukuran kinerja, PNPM Mandiri Pariwisata, Desa Wisata Brayut, faktor

Full Text:

PDF


References

Berita Acara PNPM Mandiri Pariwisata Desa Wisata Brayut.

Creswell, J.W. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dari Judul Asli: “Research Design: Qualitative, Quanti- tative, and Mixed Methods Approaches (Third Edition). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Data PNPM Mandiri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman.

Data Kependudukan Dusun Brayut.

Edwards III, G.C. 1980. Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press. Washington D.C.

Finterbusch, Kurt, and Bender, M. Annabelle. 1980. Social Research for Policy Decisions. Wadsworth Publishing Company. California.

King, Nigel. 2004. “Using Interviews in Qualitative Research”, Essential Guide to Qualitative Methods in Organizational Research. SAGE Publications. London.

Kuntadi. 2013. Kemenparekraf Kucurkan Rp123,25 M untuk PNPM Mandiri. http://ekbis.sindonews.com/. Diakses 24 Juli 2013.

Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan PNPM Mandiri Pariwisata Desa Wisata Brayut Tahun 2009.

Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan PNPM Mandiri Pariwisata Desa Wisata Brayut Tahun 2010.

Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan PNPM Mandiri Pariwisata Desa Wisata Brayut Tahun 2011.

Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Penerbit Rosdakarya. Bandung.

Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor KM.18/HM.001/MKP/2011 tentang pe- doman Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata.

Petunjuk Teknik Operasional (PTO) Pelaksanaan PNPM Mandiri Pariwisata Tahun 2013. PNPM Mandiri. 2013. PNPM Mandiri Pariwisata Menyejahterakan Rakyat. http://www. pnpm-mandiri.org. Diakses 25 Juli 2013.

Poister, Theodore H. 2003. Measuring Performance in Public and Nonprofit Organizations. Jossey-Bass. San Fransisco.

Purwanto, E.A., dan Sulistyastuti, D.R. 2012. Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Wagner, P. Brian. 2008. The Principal’s Perception of Character Education Implementation in California Middle Schools Based on The Eleven Principles of Character Education. Proquest LLC. USA.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkap.7519

Article Metrics

Abstract views : 15981 | views : 14506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik