Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Pasien Pemakai Gigi Tiruan Lengkap



Daniel Budi Santoso(1*), Esti Tjahjanti(2), Heriyanti amalia K(3)

(1) Program Studi Prostodonsia, Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Bagian Prostodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(3) Bagian Prostodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pembuatan gigi tiruan lengkap menggunakan artikulator semi adjustable membutuhkan beberapa kali kunjungan sehingga perlu kerja sama yang baik antara pasien dan dokter gigi. Penelitian ini menitikberatkan pada hubungan antara pasien dengan dokter gigi yang dikembangkan melalui komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal antara pasien dan dokter diperlukan untuk mencapai keberhasilan perawatan dan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lengkap.

Penelitian dilakukan pada 13 responden pemakai gigi tiruan lengkap menggunakan dua kuesioner yaitu skala komunikasi interpersonal dan skala kepuasan pasien. Kuesioner yang dibuat merupakan skala sikap yang disusun berdasarkan skala Likert. Skala komunikasi interpersonal berisi 19 pernyataan yang terdiri dari 5 aspek yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Skala kepuasan pasien berisi 18 pernyataan yang terdiri dari 3 aspek yaitu pengunyahan, bicara, dan estetik. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan R = 0,620 dengan p = 0,024. Persamaan garis regresi Y = 0,728X + 15,694 dengan nilai F = 6,886 dan r = 0,620. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lengkap.


Keywords


komunikasi interpersonal, kepuasan pasien, gigi tiruan lengkap

Full Text:

PDF




Article Metrics

Abstract views : 3063 | views : 14516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kedokteran Gigi



Currently, Jurnal Kedokteran Gigi dexed by: