Efektivitas Puskesmas Duren Sawit Sebagai Gatekeeper Penanganan Pasien Hipertensi Peserta JKN 2016

https://doi.org/10.22146/jkki.18051

Ngabila Salama Rahman(1*)

(1) Puskesmas Kecamatan Duren Sawit DKI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Puskesmas Duren Sawit mengalami peningkatan kunjungan pasien hipertensi peserta JKN yang kemudian dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi efektivitas Puskesmas Duren Sawit sebagai gatekeeper dalam penanganan pasien hipertensi peserta JKN. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada petugas terkait dan FGD kepada pasien hipertensi. Kerangka pikir dasar penelitian dengan menganalisis unsur fasilitas kesehatan dan unsur pasien. Hasil penelitian menunjukkan puskesmas belum melakukan penanganan pasien JKN penderita hipertensi secara komprehensif. Hal ini ditunjukkan dengan belum adanya poliklinik khusus PTM, SOP khusus penanganan hipertensi, kurangnya promosi kesehatan terkait hipertensi di luar dan di dalam gedung, serta belum memanfaatkan sistem informasi manajemen dalam penanganannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keputusan merujuk pasien didasari adanya komplikasi pasien, kurangnya ketersediaan obat, sarana pendukung yang kurang optimal, dan kurangnya promosi kesehatan. Diharapkan puskesmas dapat mengembangkan skema penanganan pasien hipertensi lebih komprehensif, BPJS kesehatan dapat memberikan reward kepada puskesmas bila melakukan penanganan penderita hipertensi secara kontinu, dan dinas kesehatan mampu berkomitmen untuk mengembangkan program KPLDH.


Full Text:

PDF


References

WHO. 2008. The World Health Report 2008 - primary Health Care (Now

More Than Ever). Geneva: WHO. Diunduh dari

http://www.who.int/whr/2008/en/ tanggal 22 April 2016.

WHO. 2016. Primary Health Care. Dilihat di

http://www.who.int/topics/primary_health_care/en/ tanggal 22 April 2016.

Kelley, D., & Smith, L. (2006). The consumer as gatekeeper: Consumerdriven health care controls costs. Workspan, 49(6),

-32. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/194718226?accountid=17242.

Nilson, J. T. (1998). The future of the gatekeeper: Care

coordinator. Healthcare Executive, 13(4), 18-22. Retrieved from

http://search.proquest.com/docview/200325458?accountid=17242

Godager, G., Iversen, T., & Ma, C. T. A. (2015). Competition,

gatekeeping, and health care access. Journal of health economics, 39,

-170.

Health Council Canada. 2010. Decisions,Decisions: Family Doctors as

Gatekeepers to Prescription Drugs and Diagnostic Imaging in Canada.

Health Council Canada diunduh dari

http://www.healthcouncilcanada.ca/tree/2.33-DecisionsHSU_Sept2010.pdf

tanggal 24 Mei 2016.

Wulandhani, Amilia. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kasus

Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama di Puskesmas Sumbersari Bantul

Kota Metro 2012. Jakarta: FKM UI. Diunduh dari

http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2015-08/S44311-Amilia.

Altschuler, J., Margolius, D., Bodenheimer, T., & Grumbach, K. (2012).

Estimating a reasonable patient panel size for primary care physicians

with team-based task delegation. The Annals of Family Medicine, 10(5),

-400.

Kementrian Kesehatan. 2014. Kajian Standar Kebutuhan SDM Kesehatan

di Fasyankes. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Soeprihanto, John. 2000. Penilaian Kinerja dan Pengembangan

Karyawan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Jakarta: Rineka Cipta.

Caroles, Jessy A dkk. 2015. Promosi Kesehatan Pada Penyakit Hipertensi

Di Puskesmas Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan. Tomohon:

FKM Samratulangi. diunduh dari http://jkesmasfkm.unsrat.ac.id/wpcontent/uploads/2015/06/6-FIX-JESSY-A.-CAROLES1.pdf tanggal 25 Juni 2016.

Stup, Richard. 2001. “Standard Operating Procedures: A Writing Guide”.

Dairy Alliance, Penn State University,www.dairyalliance.com/hrmgmt

/organizationaldev/SOPManual.pdf

Winifred, Karema, dkk. Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang

Hipertensi di RSUP Kandou Manado. Manado: Univresitas Samratulangi.

Taukhit. 2014. Hubungan TIngkat Pengetahuan dan SIkap dengan

Perilaku Pencegahan Komplikasi pada Penderita Hipertensi. Magelang:

Umnas. diunduh dari http://lppm.unmas.ac.id/wpcontent/uploads/2014/06/13-Taukhit-KL1.pdf tanggal 23 Juni 2016.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkki.18051

Article Metrics

Abstract views : 190 | views : 525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI [ISSN 2089 2624 (print); ISSN 2620 4703 (online)] is published by Center for Health Policy and Management (CHPM). This website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
 Web
Analytics View My Stats