Peran Pelatihan dan Pengembangan dan Pay Fairness terhadap Employee Engagment dengan Keterlibatan dalam Pengambilan Keputusan sebagai Moderasi

https://doi.org/10.22146/jkki.37095

Ruth Reza Hanggraini(1*), Sito Meiyanto(2), Andreasta Meliala(3)

(1) Ilmu Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
(2) Ilmu Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
(3) Ilmu Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit bergantung pada partisipasi perawat dalam memberikan perawatan yang berkualitas bagi pasien. Perawat yang engaged dengan pekerjaannya akan lebih proaktif dan menunjukkan inisiatif berkolaborasi dengan profesi lain dan berkomitmen pada kualitas performa yang tinggi. Ketika perawat memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan, mendapatkan pay fairness dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan maka akan meningkatkan engagement. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menguji peran pelatihan dan pengembangan dan pay fairness terhadap employee engagement perawat. Tujuan berikutnya keterlibatan dalam pengambilan keputusan akan diuji perannya sebagai moderator dari hubungan pelatihan dan pengembangan dan pay fairness dengan employee engagement perawat. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik cross sectional survey. Subyek penelitian ini adalah 122 perawat di instalasi rawat inap kelas tiga RSUD Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan skala sebagai alat pengumpul data, selanjutnya hasil pengolahan datanya akan dianalisis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil:  Hasil penelitian menujukkan bahwa pelatihan dan pengembangan dan pay fairness merupakan prediktor dari employee engagement (F=3,938; R square=0,062; p<0,05). Selanjutnya keterlibatan dalam pengambilan keputusan tidak berfungsi sebagai moderator dari hubungan antara pelatihan dan pengembangan dan pay fairness dengan employee engagement perawat. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian ini maka manajemen rumah sakit perlu memberikan program pelatihan dan pengembangan perawat yang cukup memadai untuk mendukung aktifitas kerja mereka. Organisasi  juga perlu untuk meningkatkan trust dari perawat agar perawat merasa bahwa investasi energi, waktu, dan sumber daya pribadi mereka akan dihargai. Selain itu rumah sakit juga perlu meningkatkan komunikasi yang intensif dan media penyaluran aspirasi yang dikelola secara baik sehingga perawat merasa bahwa aktifitas kerjanya selama ini mendapat perhatian dan pengakuan dari manajemen.


Keywords


Pelatihan dan pengembangan; pay fairness; employee engagement; keterlibatan dalam pengambilan keputusan.

Full Text:

PDF


References

1. Arevshatia, L., Shantz, A. and Alfes, K. (2014) ‘Perceptions of Hrm Practices, Safety and Quality in Healthcare: the Mediating Role of Engagement.’, Academy of Management Annual Meeting Proceedings, pp. 103–108. doi: 10.5465/AMBPP.2014.50.

2. Dunford, B. B. and Shipp, A. J. (2010) ‘Pay Fairness and Employee Engagement in The Healthcare Sector’, (864), pp. 1–28. Available at: http://www.ilr.cornell.edu/cahrs/research/whitepapers/upload/EmployeeEngagement_FairWorkplace.pdf.

3. Heikkeri, E. (2010) ‘Roots and Consequences of the Employee Disengagement Phenomenon’.

4. Holmes, J. et al. (2014) ‘NIHR staff engagement in the NHS: review of practitioner studies of engagement’, Institute for employement studies, (January).

5. Jawahar, I. M. and Stone, T. H. (2011) ‘Fairness perceptions and satisfaction with components of pay satisfaction’, Journal of Managerial Psychology, 26(4), pp. 297–312. doi: 10.1108/02683941111124836.

6. Jones, J. R. and Harter, J. K. (2005) ‘Race effects on the employee engagement-turnover intention relationship’, Journal of Leadership and Organizational Studies, 11, pp. 78–88. doi: 10.1177/107179190501100208.

7. Kular, S. et al. (2008) Employee engagement: a literature review, Kingston Business School. doi: October 2008.

8. Lowe, G. (2012) ‘How Employee Engagement Matters for Hospital Performance’, Healthcare Quarterly, 15(2), pp. 29–39. doi: 10.12927/hcq.2012.22915.

9. Miller, B. S. (2018) ‘Pay Fairness Perception Beats Higher Pay for Improving Employee Engagement’, pp. 1–3.

10. PERSI, P. R. S. I. (2016) ‘Refleksi Dua Tahun Jaminan Kesehatan Nasional’.

11. Plochg, T. et al. (2014) ‘Measuring clinical management by physicians and nurses in European hospitals: Development and validation of two scales’, International Journal for Quality in Health Care, 26(March), pp. 56–65. doi:10.1093/intqhc/mzu014.

12. Public World (2013) ‘Staff involvement to improve employee engagement , service quality and resource use’, Public World, (November), p.11.

13. Pynes, J. and Lombardi, D. (2011) Human Resources Management For Healthcare Organization.

14. Robbins, S. P. and Judge, T. A. (2008) Perilaku Organisasi, Salemba Empat. Available at: http://www.amazon.com/Organizational-Behavior-13th-Stephen-Robbins/dp/0136007171.

15. Robertson, G. and Markwick, C. (2009) ‘Employee Engagement A review of current thinking’. Available at: http://www.modernsurvey.com/wp-content/uploads/2017/04/2017-Trends-in-Global-Employee-Engagement.pdf.

16. Robinson, D., Perryman, S. and Hayday, S. (2004) ‘The Drivers of Employee Engagement’, North, 408, pp. 12–15. doi: IES Report No. 408.

17. Shanafelt, T. D. and Noseworthy, J. H. (2017) ‘Executive Leadership and Physician Well-being: Nine Organizational Strategies to Promote Engagement and Reduce Burnout’, Mayo Clinic Proceedings. Mayo Foundation for Medical Education and Research, 92(1), pp. 129–146. doi: 10.1016/j.mayocp.2016.10.004.

18. The King’s Fund (2014) ‘Improving NHS Care by Engaging Staff and Devolving Decision Making: Report of the Review of Staff Engagement and Empowerment in the NHS’, King’s Fund, 2014, pp. 1–76. Available at: http://www.kingsfund.org.uk/sites/files/kf/field/field_publication_file/improving-nhs-care-by-engaging-staff-and-devolving-decision-making-jul14.pdf.

19. TNP2K (2015) JKN : Perjalanan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

20. Towers Perrin (2003) ‘Working Today : Understanding What Drives Employee Engagement’, pp. 1–35.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkki.37095

Article Metrics

Abstract views : 985 | views : 1253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI [ISSN 2089 2624 (print); ISSN 2620 4703 (online)] is published by Center for Health Policy and Management (CHPM). This website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
 Web
Analytics View My Stats